Halloween party ideas 2015



Bicara soal hati tidak mudah. Hati tidak mudah diselami. Hati dari segi kesehatan juga menjadi hal rumit. Kalau hati kena penyakit, sulit mengobatinya.

Hati adalah penampung penyakit. Jika hati diserang penyakit, tak ada jalan lain, kecuali membuangnya. Hati pun harus diganti. Ini yang bisa dilakukan manusia. Demikian juga jika hati kena darah kotor, hati menjadi sarang penyakit. Maka, manusia hanya bisa mencuci darah.

Hati juga sulit diselami jika sakit dari segi psikologis. Sakit hati adalah penyakit emosional yang berkaitan dengan psikologi manusia. Kalau sakit hati, rasa-rasanya hidup tak berarti lagi. Bagaimana dengan hati kita, masihkah menjadi sumber kebahagiaan kita?

Hari ini Gereja Katolik merayakan pesta Hati Kudus Yesus. Hati Yesus kiranya kita tahu. Ditusuk pedang sampai berdarah. Hati Yesus adalah hati yang terluka. Bukan hati yang sehat. Tetapi hati Yesus juga sumber kebahagiaan. Banyak pengikut Yesus berdoa memohon agar hati-Nya diisi dengan hati Yesus.

Hati Yesus memang sumber bahagia. Meski luka, hati itu adalah pancaran kasih. Darinya, Yesus justru mengajarkan pada manusia untuk berbuat kasih. Kasih sampai terluka. Yesus mengajak manusia untuk berani berjalan. Dari kekelaman menuju terang. Ini tidak mudah karena hati manusia penuh dengan hal yang manusiawi. Karena penuhnya, tak ada lagi tempat dalam hati manusia untuk menampung hati Yesus.

Yesus memang bijaksana dan baik hati. Ia tahu, hati manusia penuh nafsu duniawi, serakah, dosa, namun Ia masih bisa menerima manusia dan mengajak manusia untuk bersatu dengan-Nya. Yesus ingin agar hati-Nya menyatu dengan hati manusia. Dengan itu, segala beban diringankan, segala nafsu duniawi dibersihkan. Kelak, manusia akan mendapat hati bersih penuh kasih seperti hati Yesus.

Selamat merayakan pesta Hati Kudus Yesus. Hati yang penuh KASIH.

PA, 7/6/13
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.