Halloween party ideas 2015

foto oleh mmansour
Gara-gara tentara Israel dan tentara Hamas (Palestina) bentrok, kehidupan di Gaza terganggu. Rakyat sipil di sana tidak tenang hidupnya. Padahal semua manusia mendambakan ketenangan hidup. Yang tak kalah menderita adalah anak-anak. Sejak kecil mereka mengalami situasi tidak nyaman seperti ini. 

Akan jadi apa mereka nantinya? Anak-anak adalah generasi masa depan bangsa. Jika mereka menderita, masa depan bangsa juga akan merosot. Merekalah penerus kehidupan bangsa. Tetapi jika sejak kecil mereka tidak mengalami situasi nyaman, bagaimana mereka memperjuangkan kenyamanan itu ke depannya?

Zaman sekarang memang serba tidak nyaman. Di rumah tidak nyaman, di kantor tidak nyaman, di jalan tidak nyaman, di tempat kerja tidak nyaman. Ya…inilah yang dialami saudari/a kita di Gaza. Pemimpin silih berganti namun nasib mereka di jalur Gaza serba ketidakpastian. Hari ini tenang besok tidak tenang lagi. Siang tenang malam ribut lagi.

Apakah ini tidak akan beakhir? Hanya Tuhan yang tahu. Kalau perseteruan antara Israel dan Hamas saja susah dihentikan maka nasib rakyat Gaza tidak tentu. Merekalah yang paling menderita. Mereka selalu mendengar bunyi pesawat tempur, roket, bom meledak. Juga menyaksikan bangunan runtuh, api berkobar, mayat manusia, daging manusia tersayat, darah manusia mengalir. Sampai kapan ini ada? Hanya Tuhan yang tahu.

PA, 23/11/12
GA

*Artikel ini pernah dimuat di blog kompasianakolom LUAR NEGERI pada 23 November 2012

Post a Comment

Powered by Blogger.