Halloween party ideas 2015

foto oleh BMI
Banyak isu negatif  tentang TKI. Isu ini memang ada yang hanya kabar angin belaka. Namun di samping itu, ada isu positif juga tentang TKI. Tentu tak semua isu positif juga benar.

Isu negatif itu misalnya TKI kita pembunuh majikan. Ini memang bisa dibuktikan. Ada TKI yang berlaku demikian. Namun mestinya perlu diselidiki alasannya. Tak sepenuhnya kesalahan ada pada TKI.

Isu lain seputar TKI yang diperkosa. Mengapa kok TKI itu bisa diperkosa? Apakah dia tidak bisa melindungi dirinya? Atau apakah begitu bajingannya pemerkosa itu? Mengapa tidak diberi hukuman sewajarnay buat pelaku?

Isu positif seputar TKI yang sukses. Ada yang kuliah sambil bekerja. Dia mendapat pendidikan tinggi dan bergelar. Pulang ke Indonenesia dan memberdayakan warga di kampungnya. Ada juga yang berhasil menyekolahkan anggota keluarganya, membuatkan rumah yang layak bagi keluarga, dan menyejahterakan keluarga.

Dengan isu semacam ini tak perlu lah berprasangka buruk terhadap TKI. Tak semua mereka bertindak sesuai yang digambarkan orang. Mereka tentu bervariasi. Ada yang emmang seperti yang diisukan tetapi ada yang sama sekali tidak. Bagaimana pun mereka itu saudari/a sebangsa. Mereka mesti dilindungi jika berada di luar negeri. Kita wajib memberi perlindungan. Dari pemerintah sampai rakyat sipil.

Kalau isu buruk tentang TKI muncul di media massa internasional yang malu bukan mereka saja. Warga sebangsa malu. Meski ada yang membela diri, asal bukan anggota keluarga saya. Sikap semacam ini hanya cari aman. Kita sebaiknya membela siapa saja TKI yang jadi korban itu.

Selamat bekerja untuk teman-teman TKI di luar negeri. Kalian adalah duta bangsa. Duta budaya dan pariwisata.

PA, 17/12/12
Gordi

*Pernah dimuat di blog kompasiana pada 17/12/12

Post a Comment

Powered by Blogger.