Halloween party ideas 2015

foto oleh Caroline_1
Kali ini, Minggu, 13/5/2012, untuk kedua kalinya saya masuk di Rumah Sakit Carolus, Jakarta Pusat. Pertama kali pada 2 tahun lalu. Waktu masuknya sama yakni hari Minggu. Yang beda adalah jenis penyakitnya.

Kala itu, setelah diperiksa selama beberapa hari, saya dinyatakan tidak menderita penyakit apa pun. Saya heran, tetapi itulah yang dikatakan dokter pada waktu itu.

Lalu??? “Kamu hanya kelelahan,” katanya.

Oke-lah kalau begitu, saya berusaha untuk tidak boleh berlelah-lelah lagi. Apakah kali ini juga akan seperti itu? Kita lihat nanti.

Kami masuk di ruang klinik. Ruang UGD RS ditutup pada hari besar dan hari libur. Kami diterima oleh seorang perawat dan seorang dokter. Mulailah kami berbincang-bincang dan menanyakan masalah seputar kesehatan.

Dalam suhu ruangan yang amat dingin itu, kulit saya yang bersuhu tinggi terasa menggigil. Tubuh bereaksi spontan ketika suhunya lebih tinggi dari suhu udara di sekitarnya.

Dokter mengukur suhu tubuh saya sementara teman saya menyelesaikan urusan administrasi. Kemudian saya dipersilakan mengukur berat badan. Sesaat kemudian, saya disuruh duduk/tertidur lalu diperiksa bagian tubuh yang terkait seperti badan, lidah, dan tekanan darah.

Setelah itu, kami berbincang-bincang lagi. Banyak pertanyaan yang diajukan dokter kepada saya. Mulai dari sejak kapan menderita sakit, apa saja yang dirasakan dan dialami, makanan yang dikonsumsi, kebersihan lingkungan, pekerjaan (apakah terlalu lelah?), dan sebagainya.
Pertanyaan yang diajukan dokter itu menyangkut kehidupan harian saya. Apakah tangan saya bersih ketika mengambil makanan? Apakah baju yang saya pakai ke kampus dalam keadaan bersih? Apakah saya sudah menyediakan waktu yang cukup untuk bersitirahat?

Soal kesehatan itu tidak terlalu jauh dari kehidupan harian. Maka, tidak salah kalau dibilang berbicara tentang hidup sehat itu adalah berbicara soal kejujuran. Kejujuran terhadap lingkungan sekitar. Sudah bersihkah lingkungan di sekitar kita? Jujur terhadap diri sendiri. Sudahkah saya bersih baik dalam maupun luar? Jujur dengan makanan yang dinikmati setiap hari.

Kalau hal kecil ini tidak dikontrol dengan baik, lama-lama akan menimbulkan bibit penyakit dalam tubuh. Itulah yang sering dikeluhkan oleh para pasien di rumah sakit. Selidik punya selidik ternyata biang keladinya hanya hal kecil seperti lupa mencuci tangan, lupa menjemur pakaian, lupa membersihkan kamar tidur, kamar yang pengap dan jarang masuk sinar matahari, dan sebagainya.

Belajar dari pengalaman kecil ini, saya mengajak kita semua untuk mulai memerhatikan kebersihan diri dan lingkungan kita. Terima kasih untuk mereka yang sudah membudayakan hal ini. Untuk mereka saya harapkan untuk terus meningkatkan kegiatannya. Untuk yang sedang belajar menjaga kebersihan, saya mengajak kita untuk tak jemu-jemunya selalu memelihara kebersihan diri dan lingkungan. Ada godaan untuk melalaikan hal kecil ini tetapi kita berusaha untuk terus menerus saling mengingatkan.

Kalau KEJUJURAN itu mahal maka KESEHATAN itu juga mahal. Kita sendiri yang membelinya akan murah. Jangan menunggu rumah sakit menyumbang obat untuk Anda. Belilah makanan yang bersih dan bergizi dan jagalah kesehatan Anda. Itulah resep hidup sehat.

CPR, 19/5/2012
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.