Halloween party ideas 2015



Judul : Ketika Burung-burung Berhenti Berdoa
Penulis: Anthony Harton
Penerbit: Fidei Press, Jakarta, 2006
Tebal: viii +97 halaman

Hidup doa merupakan tema yang tak akan habis dibahas. Ketika kita mencoba mendefinisikan doa dengan sebuah batasan tertentu muncul definisi lain yang menandingi atau melengkapinya. Ini berarti bahwa hidup doa itu sendiri mempunyai kekayaan spiritual yang mesti dicari terus menerus. Pertanyaan mendasarnya adalah untuk apa (sebenarnya) kita berdoa?

Mendengar kata “doa” bayangan kita langsung tertuju pada Dia di seberang sana. Ada yang menyebutnya Tuhan, Dewi/a, Guru, dan sebagainya. Intinya kita membayangkan relasi manusia dengan Dia yang menciptakan manusia dan mempunyai kekuatan yang tak sebanding dengan manusia. Dalam relasi itu terjadi komunikasi. Agar relasi itu kuat kita mesti (perlu) berdoa. Sebab, “Berdoa perlu dan penting karena dengan doa kita menjalin komunikasi dengan Tuhan” (hlm. vii).

Buku KETIKA BURUNG-BURUNG BERHENTI BERDOA bukan buku petunjuk praktis bagaimana berdoa. Meskipun mesti diakui pula bahwa dengan membaca buku ini pola doa kita bisa saja berubah. Penulis buku ini menjadikan karyanya sebagai “bahan renungan, media pengingat, reminder tentang hal-hal yang mestinya kita lakukan, dan juga hal-hal yang sudah kita kerjakan agar hasilnya lebih baik lagi bagi siapa saja yang berada di sekeliling kita” (hlm. vii).

Ada banyak buku tentang petunjuk praktis berdoa. Namun, kita tentu saja tidak puas dengan satu cara berdoa. Kita ingin mencari cara yang cocok untuk kita. Kecocokan ini pun dinamis. Kadang cara A cocok ketika kita berdoa di tempat A dan belum tentu di tempat B. Singkatnya kecocokan itu tergantung situasi dan tempat kita berdoa.

Menurut pembacaan saya atas buku ini, penulis buku membagi dua kelompok orang berdoa. Kelompok pertama menganggap doa sebagai kegiatan ala kadarnya karena merupakan rutinitas belaka. Sementara kelompok kedua menganggap doa sebagai sebuah kebutuhan dan sebagai bentuk ungkapan syukur dan hormat pada Tuhan (Bdk. Hlm vii).  Keduanya melekat dalam kehidupan manusia sehari-hari. Yang terpenting—menurut hemat saya—adalah tindak lanjut dari doa kita. Di situ dengan mudah kita bisa lihat keseriusan orang berdoa. Penulis buku ini melukiskan dengan tepat tentang hal ini. “Di samping berdoa, kita juga harus tetap berkarya, bertindak praktis dan tepat terutama pada saat-saat penting” (hlm. vii).

Buku ini mempunyai kelebihan yang berguna bagi pembaca yakni kisah-kisahnya (ada 36 kisah) menarik dan mudah dicerna. Kisah-kisah yang diangkat dari kehidupan sehari-hari. Simak saja kisah nomor 7 Sepiring Teh Panas dan 22 Aku Ingin Mengubah Dunia. Cerita nomor 7 menggambarkan hati manusia bagai sebuah piring yang berisi teh panas. Teh panas menggambarkan masalah yang dihadapi manusia. Teh itu baru bisa diminum ketika dingin karena berada di piring ketimbang di gelas. Sementara cerita nomor 22 berisi nasihat untuk mengubah diri sebelum mengubah dunia. Ini sebuah unsur baru yang ditampilkan buku ini.

Selain itu, pada akhir kisah, penulis mencantumkan kutipan berisi nasihat atau inti kisah. Ada yang ditulis sendiri oleh penulis buku (misalnya kisah nomor 1,4, dan 5) dan ada pula yang diambil dari kebijaksanaa Zen, (misalnya kisah nomor 2,18, dan 27), kata-kata bijak tokoh tertentu (Robert Kenedy, Douglas Mallock, keduanya dikisahkan dalam bagian kisah nomor 8) atau dari cerita rakyat (CR Jepang pada kisah nomor 10 dan sebuah kisah dari Filipina pada nomor 36 ). Nasihat-nasihat bijak ini membanty pembaca memahami makna sebuah pengalaman dan kisah.

Buku yang ditulis dengan kosa kata yang mudah dimengeri dan didesain dengan lukisan menarik pada bagian luar ini menjadi lebih lengkap jika semua kisah diakhiri dengan kutipan berupa nasihat atau inti kisah. Entah mengapa, penulis tidak mencantumkan nasihat di akhir beberapa kisah. Misalnya kisah nomor 12 (?),13,15,23,29,31,32,33,34. Mungkin penulis mempunyai alasan tertentu yang tidak dicantumkan dalam buku ini.

Selain itu, judul buku tampaknya belum diterangkan kepada pembaca. Judul itu rupanya dibuat sendiri tanpa ada kaitan langsung dengan judul 36 kisah di dalamnya. Tak satu pun dari 36 kisah yang memberi judul KETIKA BURUNG-BURUNG BERHENTI BERDOA. Ada satu kisah yang mirip yakni KETIKA AKU BERHENTI BERDOA, kisah nomor 17. Mungkin kata “Burung-burung” mau menggani kata “Aku”(?).

Kekurangan lain yang kiranya perlu diperhatikan pada cetakan atau edisi berikutnya yakni susunan daftar isi. Susunan yang sesuai hanya pada kisah nomor 1 sampai11. Dalam kisah selanjutnya mulai ada kekeliruan. Misalnya kisah nomor 12 dan 13 ditulis berada di halaman 26 dan 28 padahal keduanya berada di halaman 27 dan 29.

Namun, ini hanya hal teknis yang tidak mengurangi mutu isi buku. Buku ini cocok dibaca oleh siapa saja yang ingin memperkaya pengalaman tentang hidup doa dan menyegarkan kisah-kisah harian. Buku ini bisa menjadi inspirasi dan menjiwai setiap aktivitas kita dengan doa.

Cempaka Putih, 17 April 2011
Gordy Afri


Post a Comment

Powered by Blogger.