Halloween party ideas 2015


Google images
Bisa jadi orang tak percaya mendengar kabar orang mati hadir kembali. Hal itu mustahil menurut logika manusiawi.

Tak ada salahnya berpandangan demikian. Sistem logika dunia hanya mengenal hal-hal yang dilihat dengan mata indrawi. Di luar itu, logika duniawi tidak bisa berbuat apa-apa.

Saya semakin yakin kalau orang mati kerapkali menjumpai kita. Bagi orang yang tidak mengalaminya bisa jadi tidak percaya. Saya mengalaminya maka saya yakin. Saya sebelumnya percaya melalui dogma/ajaran Katolik. Orang mati masih berkontak dengan kita yang hidup. Maka, berdoalah untuk mereka sebab mereka membutuhkan doa kita.

Dua minggu berturut-turut dalam bulan September ini saya berjumpa dengan Kakak saya, Yos. Dia hadir dalam mimpi. Minggu lalu, kami beraktivitas bersama dalam mimpi. Hanya saja dia tidak bicara. Kami duduk berhadap-hadapan di antara orang banyak. Mereka bercerita dan kami mendengarkan.

Tadi malam juga, dia hadir. Dia tetap diam. Beberapa keluarga saya memandangi fotonya yang ditempel di dinding ruang tamu. Kurang jelas ruang tamu di rumah siapa. Yang jelas saya dan keluarga saya melihat foto itu. Ada juga foto kami berdua waktu kecil. Foto itu juga menjadi pusat perhatian keluarga dalam kesempatan itu. Demikian rangkaian mimpi yang saya ingat.

Minggu lalu, saya menceritakan mimpi ini kepada bapak dan mama di rumah dan kepada dua adik saya yang paling besar. Bapa mengatakan, Kakak Yos hadr meminta doa kita. Ternyata pada saat yang hampir bersamaan, adik saya Afi juga bertemu Kak Yos dalam mimpi. Kakak Yos meminta rokok kesukaannya. Kak Yos—yang meninggal pada 12 Oktober 2008—hadir dalam mimpi, ingin bertemu kami adik-adiknya.

Kebetulan saja, beberapa minggu belakangan saya tidak berdoa untuk Kak Yos. Kalau dihubungkan dengan dogma Katolik, bisa saja Kak Yos datang karena kami kurang berdoa untuknya. (Maaf kak kalau kami ego, hanya ingat diri saja, dan lupa mengingat engkau). Namun, betulkah demikian? Jangan-janganitu hanya kebetulan?

Setelah mimpi minggu lalu itu, saya berdoa untuk Kak yos tiap malam. Minimal pagi atau malam, saya memandang fotonya lalu berdoa untuknya. Namun, semalam dia hadir lagi dalam mimpi. Apa artinya ini? Boleh jadi doa kami belum cukup. Atau adakah hal lain yang Kakak inginkan?

Mungkin saya sudah tenggelam dalam egoisme sehingga lupa berdoa untuk sesama, juga untuk Kak Yos. Bisa jadi ini rambu peringatan darinya. Yang jelas saya rindu Kak Yos. Saya berjanji untuk berdoa baginya. Kak Yos, engkau hadir menjelang 3 tahun kepergianmu, bimbinglah kami, adik-adikmu dari sana…..

Selasa, 17 Oktober 2011
dalam penuh pengharapan….
Gordi Afri, adikmu

Post a Comment

Powered by Blogger.