Halloween party ideas 2015



foto dari nchrist09.wordpress.com
Perayaan Minggu Palma menjadi momen istimewa dalam Gereja Katolik. Perayaan ini mengenangkan kembali peristiwa Yesus masuk kota Yerusalem dan disorak-sorai oleh penduduk Yerusalem. Tentunya perayaan Minggu Palma menjadi perayaan penuh sorak-sorai bagi umat Katolik yang merayakannya.

Perayaan Minggu Palma tahun ini menjadi unik bagi saya. Tidak ada sorak-sorai seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya. Saya merayakan misa Minggu Palma di kapel kecil di ruamh kami bersama seorang pastor tua. Kami berdua merayakannya.

Bukan kali ini saja saya merayakan misa berdua di kapel ini. Dalam lain kesempatan saya sering merayakannya. Saya sebagai umat merasa betah dengan perayaan seperti ini. Kalau boleh dinilai, ini perayaan paling singkat, padat, dan jelas.

Demikian juga hari ini. Di atas meja altar ada buku untuk perayaan misa sekaligus bacaan ekaristi (2 buku), peralatan liturgi, air, piala, sibori, anggur, dan korporale. Ini peralatan liturgi dalam perjamuan misa orang Katolik.

Kami merayakan misa selama 45 menit. Biasanya 30 menit. Hari ini agak lama karena bacaan Injilnya panjang. Tentang Kisah Sengsara Yesus Kristus. Aneh ya, kisah sengsara di tengah sorak-sorai Yerusalem.

Ya Minggu Palma menjadi perayaan pembuka pekan suci. Mulai hari ini sampai hari Sabtu mendatang menjadi hari-hari yang dikenals ebagai pekan suci dalam Gereja Katolik. Hari Minggunya menjadi Minggu Paskah.

Peryaan sederhana berdua hari ini menjadi perayaan unik. Berdua tetapi bisa dihayati. Saya sungguh merasakan ini. Mungkin bosan jika mengikuti di paroki karena misanya menjadi panjang. Apalagi mendengar bacaan Injilnya lama. Apa pun perayaannya, hari ini adalah hari Minggu Palma. Selamat memasuki pekan suci.

Salam

PA, 24/3/13
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.