Halloween party ideas 2015

foto oleh pkksabah
Beberapa hari belakangan komputerku macet total. Kadang-kadang bisa browsing hanya 10 menit pertama. Setelahnya macet dan tidak mau jalan lagi. Kecewa tentu saja. Saya pun tidak bisa memuat tulisan baru di blog ini. 

Saya mencoba membuka Dashboardnya. Di dalam tampak debu tebal. Tiga kipasnya dipenuhi debu. Sudah pasti perputarannya kurang efektif. Saya membersihkan semuanya sebelum dipasang kembali. Setelah dipasang, komputer itu masih macet. Belum ada kemajuan berarti. Sia-sia usaha saya.

Sya mencoba cara lain lagi. Modal nekat saja. Saya sebenarnya tidak tahu penyebab komputer ini macet. Saya membuat scan secara keseluruhan. Lumayan lama. Hampir satu jam. Antivirus lokal, SMADAV digerakkan. Dia bekerja cepat, menyusuri semua dokumen file dan folder di komputer. Setelahnya komputer dimatikan. Beberapa jam kemudian, saya buka dan browsing (daya jelajahnya) cepat. Tulisan ini pun dibuat karena komputer sudah lancar. KAlau tidak saya hanya diam saja. Membaca tulisan teman tidak bisa, masuk ke akun pribadi tidak bisa, membuat tulsian tidak bisa. Kekalahan terbesar dalam menulis adalah ketika sarana pendukungnya macet.

Dari pengalaman ini saya menarik kesimpulan bahwa komputer yang kotor dan mungkin terganggu virus bisa menjadi penyebab macetnya cara kerja komputer. Saya tidak tahu mana yang jadi penyebab antara komputer kotor atau file yang belum discan. Tetapi saya menduga penyebabnya adalah keduanya sebab saya sudah memperbaiki keduanya dan buktinya komputerku lancar kembali.

Sekadar himbauan, kalau boleh, cek komputer Anda secara teratur. Debu dalam dashboard komputer menjadi pemicu lambatnya cara kerja komputer. Begitu juga dengan file yang belum discan. Jangan lupa mengontrol kondisi monitor, siapa tahu, bagian dalamnya terisi debu, yang membuat kinerja komputer lambat.

Sekadar bagi-bagi pengalaman. Salam kompasiana.

PA, 21/8/2012
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.