Halloween party ideas 2015

foto oleh PNPM Support
Musim lebaran setiap tahun selalu ramai. Ada yang menarik perhatian saya. Bukan hal baru kalau semua penduduk di kota besar akan mudik, kembali ke desa, ke kampung halaman. Rumah mewah ditinggalkan begitu saja. kadang-kadang dipercayakan kepada petugas satuan pengamanan perumahan. Kadang-kadang ditinggal tanpa penghuni. 

Di Yogyakarta diberitakan bahwa pengunjung dari luar kota membludak. Beberapa tempat wisata di area Yogyakarta seperti Parang Tritis, Museum Merapi, Ambarukmo Plaza, Malioboro, Keraton, Merapi, Ganjuran, dan beberapa tempat menarik lainnya menjadi favorit pengunjung. Banyak orang luar kota masuk kota Yogyakarta. Pada saat yang sama, tak sedikit jumlah warga Yogyakarta yang mudik ke luar kota.

Yang paling jelas adalah penghuni kos yang adalah warga luar kota. Mereka mudik ke rumah masing-masing atau ikut teman ke desa. Ada juga penghuni perumahan yang mudik ke desa. Rumah baik kosan maupun rumah pribadi ditinggal begitu saja. Ada beberapa yang dikontrol penjaga tetapi ada yang sama sekali tidak.

Saya beberapa hari ini sering keliling kompleks sekadar jalan-jalan dengan sepeda motor. Di beberapa rumah saya melihat lampu teras dan lampu taman menyala pada siang dan sore hari. Otomatis malam menyala. LAmpu-lampu ini sengaja dibiarkan menyala dengan maksud pada malam harinya tampak terang. Siapa pun boleh tahu bahwa pemilik rumahnya sedang mudik dan rumah itu kosong. Tetapi untuk orang baru boleh jadi tidak tahu kalau rumah itu kosong. Dikira ada orang karena pada malam hari lampunya menyala.

Beruntunglah ada lampu-lampu ini yang menyinari gelapnya kompleks perumahan. LAmpu-lampu ini juga menjadi penjaga rumah selama penghuninya mudik. Bayangkan kalau tidak ada lampu, boleh jadi pencuri meraja lela. Termasuk aksi para tikus yang mengais rejeki dari sisa makanan yang ada di lemari. Lampu-lamnpu itu dibiarkan menyala lebih dari 24 jam, sepanjang perjalanan penghuninya.

Apakah ini sebuah pemborosan? Jika dihitung boleh jadi YA. Ini pemborosan. Tetapi kalau dihitung-hitung lagi mungkin TIDAK. Pemakaian listrik selama penghuninya mudik berkurang sehingga tidak terjadi pemborosan yang besar. Tetapi tidak apa-apa. Lebih baik ada terang dan rumah aman daripada dibiarkan gelap dan peluang pencuri besar. Tidak rugi bayar biaya listrik daripada bayar kerugian akibat kemasukan maling.

Selamat lebaran dan bermudik ria. Semoga selamat sampai tujuan dan tiba kembali dengan semangat baru.

PA, 20/8/2012
Gordi Afri



Post a Comment

Powered by Blogger.