Halloween party ideas 2015


Pernahkah Anda merasa puas dalam membaca? Berapa lama rasa itu ada? Sejenak? Sepekan? Sebulan?

Saya merasa puas setelah membaca sebuah buku. Juga novel, atau kumpulan karangan. Puas karena berhasil membacanya sampai tuntas. Itu sebabnya saya selalu membaca buku sampai tuntas.

Tadi siang, saya tuntas membaca novel Perahu Kertas karangan Dewi Lestari. Saya puas. Buku bertebal 400-an halaman itu selesai dalam 3 hari. Semalam, saya tidur larut gara-gara tak mau lepas buku itu.

Kisah akhirnya bagus. Tidak menggantung. Meski kisahnya masih bisa dilanjutkan. Seorang novelis memang harus memilih di mana titik akhirnya. Dan Dee, nama pena Dewi Lestari, mengakhiri dengan bertemunya dua sosok yang selalu berseberangan.

Rasa puas saya bukan saja setelah baca novel. Buku bacaan lain pun memberi kepuasan setelah tuntas membacanya. Ibarat memenangi sebuah pertandingan, demikianlah perjuangan menuntaskan membaca sebuah buku.

Tak heran jika saya puas. Dari rasa puas ini, timbul semangat untuk mulai membaca buku baru. Kelak rasa puas itu datang lagi jika saya menuntaskan buku itu.

Semoga saya tak cepat puas setelah menikmati satu buku. Sebab, rasa puas berikutnya akan ada dan akan selalu ada jika saya rajin membaca buku.
Meski hanya sesaat, rasa puas itu sungguh terasa. Paling tidak, setelah mengingat perjalanan tokoh dalam novel itu, saya puas setelah akhirnya saya tahu. Saya berhenti di satu titik. Dan di situlah saya tahu perjalanan tokohnya seperti apa.

PA, 5/3/13

Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.