Halloween party ideas 2015

SUASANA PENTEKOSTA DI PARMA TAHUN 2016

FOTO: di sini

Pentekosta kali ini agak unik. Ini hanya terjadi pada 2016 ini selama saya mengikuti 3 kali pentekosta di kota Parma. Boleh jadi keunikan ini muncul karena saya sudah pindah tugas di paroki yang baru.

Pentekosta adalah perayaan untuk mengenangkan Roh Kudus yang hadir di antara para murid. Dirayakan tepat 50 hari setelah pesta paskah. Sebelum pentekosta ada 1 pesta lagi yakni pada 40 hari setelah paskah. Namanya pesta kenaikan Yesus ke surga. Pesta pentekosta masih terkait dengan pesta kenaikan itu. Logikanya sederhana saja. Yesus naik ke surga (hari kenaikan, biasanya dirayakan pada hari Kamis, 40 hari) dan Roh Kudus turun atas para rasul (penta-e artinya 50, 50 hari). Yesus naik ke surga tetapi Dia tidak meninggalkan para rasul sendirian. Dia mengirim Roh Kudus, paràklito, untuk menemani mereka. Perpisahan Yesus dengan para rasulnya memang meninggalkan kesedihan. Seperti perpisahan seorang anak dengan orang tuanya. Yesus tahu para rasulnya akan sedih setelah kenaikan-Nya ke surga, ke rumah Bapa-Nya. Itulah sebabnya Dia mengirim seorang penghibur. Penghibur itu bernama Roh Kudus atau paràklito yang artinya penghibur.

Perayaan pentekosta kali ini agak unik karena di paroki kami, Paroki Sacre Stimmate ada perayaan Komuni Pertama untuk belasan anak-anak. Mereka menerima komuni pertama tepat pada perayaan pentekosta ini. Unik bukan?

Kami bertiga pergi ke paroki, saya ditemani Pacifique, seperti biasa, dan juga ada Carlos. Lalu, menyusul Pandri yang tiba saat misa berlangsung. Dia sudah mengikuti misa di Paroki St Andrea sebelumnya. Misa di paroki kami berlangsung lama. Hampir 2 jam. Gedung gereja juga padat. Kami saja harus berdiri. Umat yang datang jauh lebih banyak dari Minggu biasanya. Kami memang datang 2 menit menjelang perayaan dimulai. Saya dan Carlos harus menunggu lama sebelum Pacifique datang. Saudara kami yang satu ini memang tidak biasa datang lebih cepat. Belajar kesabaran kala rencana kita tidak tercapai sesuai yang diinginkan.

Ada 4 diakon yang hadir bersama pastor paroki. Dari tempat berdiri, di dekat pintu masuk, kami melihat barisan panjang anak-anak calon komuni pertama. Lalu, disusul para diakon dan pastor paroki. Di bangku pertama dan kedua, di depan altar, sudah duduk para orang tua anak-anak. Dua orang fotografer khusus mengabadikan peristiwa ini. Misa menjadi panjang karena peristiwa khusus ini. Saat komuni, anak-anak penerima komuni pertama didahulukan. Setelahnya baru umat lainnya.

Sengaja dibuat seperti ini. Pastor paroki menginginkan agar peristiwa ini menjadi kenangan yang tidak terlupakan bagi anak-anak. Maka, bersama para katekis dia membuat program ini.

Saya terharu dengan peristiwa ini. Saya ingat kembali peristiwa belasan tahun lalu saat saya menerima komuni pertama di Stasi Lambur. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan. Saya yakin, anak-anak ini juga tidak akan melupakan peristiwa khusus ini. Apalagi terjadi pada peristiwa pentekosta. Kiranya Roh Kudus itu akan mengingatkan mereka akan peristiwa ini.

Selamat hari Pentekosta untuk semuanya.

Parma, 15/5/2016

Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.