Halloween party ideas 2015

foto oleh Buruh Migran Indonesia
Negara tanpa buruh adalah negara tanpa industri
Siapa pun boleh jadi setuju dengan pernyataan ini. dengan itu mau dikatakan bahwa buruh adalah aset negara. Seperti profesi lainnya, buruh juga mempunyai sumbangan luar biasa bagi negara. Perkembangan industri tidak lepas dari peran buruh. Ilmuwan boleh saja menemukan hal baru. Selanjutnya temuan itu dilanjutkan oleh para buruh. Mereka bekerja demi mewujudnyatakan temuan itu. Bayangkan jika negara tanpa buruh. Industri akan macet. Masyarakat terkena imbasnya. Jangan harap ada kemajuan bagi amsyarakat luas.

Seorang kawan pernah berkomentar bahwa buruh di sebagian besar negara di Eropa dihargai dengan gaji tinggi. Mereka juga punya hak atas hari libur dan hari istirahat. Tak boleh mempekerjakan buruh semau kita. Pekerjaan buruh sudah diatur dalam undang-undang yang mengikat.

Jangan bandingkan dengan buruh Indonesia. Dia juga memaklumi, Indonesia belum semaju dengan negara Barat. Kata orang Indonesia memang maju. Ekonominya bagus. Mereka juga berbondong-bondong datang ke Indonesia. Berinvestasi di sini. Buka perusahaan di negeri ini. Ujung-ujungnya mereka mempekerjakan tenaga Indonesia.

Tenaga kerja Indonesia memang banyak. Katanya yang tamat kuliah pun akan jadi tenaga kerja kasar. Dalam negeri saja banyak. Bahkan sebagian lagi ke luar negeri. Dengan jumlah sebesar itu, negara ini sebenarnya sudah maju. Sumbangan para tenaga kerja besar. Tetapi mengapa sampai hari ini buruh kita masih belum sejahtera?

Itu karena kebijakan pemangku jabatan. Begitu komentar orang. Ya…ada benarnya. Buruhkan hanya pelaksana tugas. Apa yang diperintahkan atasan itulah yang mereka lakukan. Tak pernah atau jarang diajak berdialog, duduk bersama, membicarakan seuatu. Ya…buang-buang waktu saja. Jumlah buruh saja banyak. Mau bicara satu-satu?

Tak mungkin. Bisa kok bicaranya ringkas saja. Inti pembicaraan adalah menyejahterakan kehidupan mereka. hidup sejahtera menenteramkan hati. Kalau hati sudah tenteram pekerjaan pun jadi nyaman. Tak ada paksaan. Tak ada persaingan. Tak ada rasa diperas. Tak ada rasa ditipu. Tak ada rasa seperti kelinci percobaan, ditendang sana-sini. Kalau mau sejahtera, tempatkan kami, para buruh, di satu pos, dan bekerja di situ sampai menjadi mahir. Kami merasa diperas jika ditendang ke sana kemari. Hari ini di sini, bulan depan di sana, tahun depan tak tahu ke mana lagi. Kami punya anak-istri-suami yang harus kami hidupi. Kalau kami ditendang, bagaimana dengan kehidupan keluarga kami? Mereka butuh makan. Tak pantas kami diombang-ambingkan, diiming-iming, dibuai janji palsu. Kami juga manusia yang patut dihormati.

Wahai para penguasa dengarlah teriakan kami. Sampai kapan kami hidiup dalam situasi tidak emnentu? Jangan jadikan kami sebagai tenaga kontrakkan. Kontrak berarti tidak punya kebijakan. Sebentar-bentar kami dipuji, sebentar-bentar kami dihina. Biarkan kami bekerja dengan aman tanpa memikirkan akan di kemanakan lagi. Biarkan kami bekerja di tempat ini. jangan melempar kami ke perusahaan-perusahaan yang tidak jelas rimbanya. Nanti hidup kami terombang-ambing. Bagaimana jika kami mengombang-ambingkan hidup kalian, wahai para penguasa? Boleh jadi kalian tidak mau. Nah..ayo donk…hargailah kami.
——————-
Obrolan pagi dari seorang TUKANGKEBUN

PA, 3/10/2012
Gordi Afri



Post a Comment

Powered by Blogger.