Halloween party ideas 2015

FOTO, spiegel.de
Keinginanku untuk hidup bahagia hampir tak terbendung. Entah kapan realisasinya. Saat ini, aku sedang mencarinya. Hidup bahagia memang tidak saja bahagia di dalam hati tapi juga bahagia dalam hidup di luar. Hidup harian yang bahagia akan menambah kebahagiaan dalam hati. Mesti, tanpa bahagia luar itu pun, bahagia dalam hati tetap ada. Tetapi, lebih baik keduanya sama-sama bahagia, saling melengkapi.

Pagi itu, aku dibawanya ke rumah besar. Tampak seperti penampungan lagi. Memang, ini rumah penampungan. Namun, tidak seperti rumah penampungan sebelumnya. Yang ini agak teratur. Ada jadwal yang harus diikuti. Keluar rumah saja diatur. Jam terakhir masuk rumah saja teratur. Untuk merokok saja, tidak di semua tempat. Ini betul-betul Eropa. Dan, orang Eropa rupanya seperti ini. Beginikah caranya supaya bahagia?

Wah…semuanya serba diatur. Aku tidak bisa lagi bebas merokok seperti di negeriku. Aku tentu saja bebas merokok di luar rumah. Tapi, tidak boleh di dalam rumah. Apalagi dalam kamar. Ada bagusnya juga, aku tidak bisa lagi merokok terus terusan. Apalagi, di sini aku hanya pendatang, pencari hidup bahagia. Aku tak punya uang tapi aku bisa makan gratis. Kalau gratis terus, apa jadinya nanti? Aku tak ingin gratis semua. Paling tidak, aku harus merasakan pahit manisnya mendapatkan uang. Ada usaha, puas, dan bahagia. Tidak mau terus menerus menunggu gratis. Aku tak mau meminta meski banyak yang ingin memberi barang satu dua euro.

Aku ingin kerja sekarang. Namun, tidak ada tawaran untuk bekerja. Memang tidak mudah. Apalagi, aku belum bisa berbahasa dengan baik. Untuk bercakap-cakap saja bisa. Mungkin aku harus mencari pekerjaan yang tidak membutuhkan peran intelektual. Terlalu sulit bagiku yang belum bisa berbahasa dengan baik ini. (bersambung)

PRM, 12/5/15
Gordi

*Didedikasikan untuk imigran dari negara-negara Afrika yang mencari kehidupan yang lebih baik, di Benua Eropa. 

Dari postingan di kompasiana, AKU PINGIN HIDUP BAHAGIA SEPERTI MEREKA (2)

Post a Comment

Powered by Blogger.