Halloween party ideas 2015

gambar dari internet


Sapa-menyapa bukan hal luar biasa. Itu sudah biasa dalam masyarakat. Tetapi yang biasa ini kadang tidak dibiasakan. Lantas, kebiasaan saling sapa memudar dan hilang dari kehidupan masyarakat. Padahal ini hal biasa yang diturunkan nenek moyang.

Saling sapa merupakan kebiasaan yang baik. Bukan karena ini menjadi biasa. Tetapi saling sapa menjadi pembuka komunikasi harian. Sapaan, selamat pagi, menjadi pembuka komunikasi di pagi hari. Sapaan ini menjadi pendobrak kekakuan, kemalasan, keengganan untuk bangun, kelambanan untuk memulai pekerjaan, di pagi hari. Maka, saling sapa menjadi kebiasaan yang baik.

Kebiasaan yang baik ini juga menjadi ungkapan kesediaan untuk berkomunikasi. Komunikasi membutuhkan kesediaan hati. Maksudnya, komunikasi mesti muncul dari hati. Dari hati saya ke hati mu. Jika tidak, komunikasi itu menjadi hambar, hanya sekadar basa-basi. Sapaan, selamat pagi, justru menjadi cerminan kesediaan seseorang untuk berkomunikasi. Sapaan itu bukan sekadar basa-basi.

Saling sapa juga merupakan penghilang stres. Suara merdua yang diungkapkan sahabat saya pagi ini menghilangkan stres saya. Pagi-pagi kok sudah stres. Ya bagaimana tidak stres, seorang teman merusakkan komputer. Padahal di dalamnya ada beberapa file pekerjaan kampus dari beberapa teman. Pekerjaan itu mau dikumpulkan hari ini. Saya merasa jengkel karena sudah diberi instruksi agar teman ini tidak mengotak-atik komputer yang satu itu. Tetapi, dia memuaskan rasa ingin tahu dan rasa sok tahunya dengan membuka komputer ini. Kalau komputernya tetap baik tidak apa-apa. Ini komputer macet dan pekerjaan beberapa teman tidak bisa dicetak.

Stres itu hilang seketika saat suara merdua teman saya itu menggema, selamat pagi mas. Suara itu sering saya dengar. Hampir setiap pagi. Tetapi pagi ini terasa lain. Suara itu punya kekuatan yang dahsyat. Dia menghilangkan stres saya. rupanya hal biasa, mendengar sapaan selamat pagi, menjadi luar biasa pagi ini.

Saling sapa terbukti menjadi obat mujarab menghilangkan stres. Maka, pagi ini, saya menyapa beberapa teman. Sebentar lagi mau berangkat ke kampus, menengok teman-teman saya di sana. saya akan menyapa mereka nanti. Di jalan nanti jika bertemu polisi saya akan menyapanya. Siapa tahu suara saya itu bisa menghilangkan stresnya karena ulah pengguna jalan yang semau gue saja.

Rupanya saling sapa bukan sekadar basa-basi. Saling sapa punya kekuatan dahsyat. Kalau pun bermula dari basa-basi, saling sapa tetap menyimpan kekuatan. Saling sapa yang hanya kebiasaan harian rupanya menjadi kebiasaan yang luar biasa. Maka, sudahkah Anda menyapa orang-orang di sekitar Anda???

PA, 22/5/13

Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.