Halloween party ideas 2015

MENTOR MENULIS

FOTO: sharekliping.blogspot.com

Saya menulis karena ada yang melatih. Itulah yang saya yakini selama ini. Saya bisa menulis di beberapa blog pribadi dan di kompasiana karena ada yang melatih. Latihannya pun berlangsung secara tidak langsung. Jarak jauh. Seperti pembaca dan penulis.

Saya belajar dari tulisan-tulisan para penulis dan wartawan. Salah satunya adalah wartawan senior KOMPAS, Abun Sanda. Tulisannya selalu saya cerna setiap Senin di halaman 17. Tulisannya ringan, berisi, dan menarik.

Hari ini, saya membaca berita mengejutkan tentang pengisi rubrik analisis ekonomi ini. Dia meninggal dunia pada Kamis, 4/4/13. Saya membaca beritanya di KOMPAS, hlm 1 dan 17. Abun sanda Kini Berada dalam Kerahiman Tuhan, begitu judul berita yang ditulis oleh rekan Abun, berinisial PPG di halaman 1.

FOTO: buku.kompas.com


Saya terkejut dan merasa kehilangan. Saya dan Abun Sanda sudah seperti pembaca dan penulis yang punya relasi. Padahal saya mengenalnya lewat tulisan saja. Tulisannya memang menarik bagi saya. Gara-gara tulisannya di kompas ekonomi itu, saya tertarik membaca rubrik analisis di halaman pertama kompas ekonomi itu.

Bermula dari situ, saya terus menunggu tulisannya di KOMPAS. Beberapa tulisan lain juga muncul di rubrik profil pemimpin perusahaan di halaman 20. Ini juga dituturkan PPG dalam tulisan hari ini.

Selain itu, saya juga pernah membaca tulisan putra Makasar kelahiran 9/11/1961 ini di majalah BASIS. Kalau saya tidak salah, tentang penulis novel. Di situ Abun menulis berdasarkan pengalamannya sebagai penyuka dan pembaca novel zaman dulu. saya lupa judul novel dan cerita novel seperti diceritakan dalam BASIS itu.

FOTO: buku.kompas.com


Saya suka membaca tulisannya. Darinya saya belajar menulis ringan dan runut serta menarik. Meski saya belum berhasil menulis seperti dia, saya puas setiap kali membaca tulisannya. Selamat jalan Antonius Abun Sanda. Semoga kedua anak yang ditinggalkan, Yasser Abraham (15) dan Yeremina Abraham Sanda (11) tetap tegar menghadapi kondisi ini.

PA, 5/4/13

Gordi


Post a Comment

Powered by Blogger.