Halloween party ideas 2015

Tak bosannya saya melihat sepeda onthel itu. Jalannya pelan, tepat di samping mobil saya. Saya terpana menatapnya.

Pagi ini saya mengantar sahabat saya ke kampusnya. Kebetulan hujan di pagi hari, dia tidak bisa menunggu bis di jalan besar. Dia meminta untuk mengantar. Saya mau mengantarnya.

Jalanan sepi. Hanya ada beberapa sepeda motor dan mobil. Tetapi saya mesti memperlambat laju kendaraan sesuai ritme kendaraan saat hujan. Setelah melewati ring road utara, kami masuk Jalan Effendi/Gejayan.

Di jalanan ini saya melihat seorang pengendara onthel. Saya ingat pengalaman saya hingga akhir Juni tahun kemarin, menggunakan onthel setiap hari.

Dia berjalan pelan. Tubuhnya dibungkus jas hujan dari bahan plastik bening. Di punggungnya ada tas hitam. Tas itu dibungkus plastik juga. Saya menduga di dalamnya ada laptop dan buku-buku.

Saya juga menduga dia mau ke kampus. Entah di mana kampusnya. Di Yogya kan banyak kampus dan ada yang berdekatan. Sulit menebak dia mau ke kampus mana.

Saya memerhatikan dia sekitar sampai 200 meter. Naluri pengendara sepeda saya langsung segar. Saya iba dengannya.

Di sampingnya ada sepeda motor dan mobil. Ya termasuk saya yang mengendarai mobil meski bukan mobil sendiri. Hanya membantu mengantar sahabat saja. Pengendara sepeda memang mesti tangguh. Baik dikala hujan maupun kering.

Saya hanya iba dengan perjuangannya. Menerobos hujan deras. Menjadi sebanding dengan pengendara motor dan mobil.

Saya menangkap ada daya juang dalam dirinya. Daya juang inilah yang menyemangatinya dan berani menerobos hujan deras.

Saya pernah mengalaminya. Yang terbayang hanyalah dosen dan suasana kampus serta ilmu yang akan diterima. Dengan ini sudah cukup menjadi lamunan di tengah jalan.

Wahai pemuda. Terima kasih atas perjuanganmu. Engkau mengajarkan pada kami, betapa hidup ini butuh perjuangan. Tak pantas menerima upah jika enak-enak saja tidur dikala hujan tanpa berusaha berjuang. Kau menjadi inspirasi bagi kami untuk berjuang sepanjang hari ini.

PA, 5/3/13

Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.