Halloween party ideas 2015

Orang Jogja terkenal dengan kesabarannya. Terutama yang tampak di jalanan. Memang boleh dibilang sifat khas orang Jogja adalah sabar. Sabar di jalanan dan di tempat antrian. Entah sampai kapan sifat ini bertahan. Yang jelas, sampai sekarang sifat sabar masih melekat dalam kepribadian orang Jogja.

Sabar, bagi orang Jogja, menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan yang membuat mereka terkenal. Di mana-mana semua tahu, orang Jogja itu sabar. Sifat sabar ini memiliki porsi besar dalam kerpibadian orang Jogja. Karena besarnya, sifat lain pun tidak begitu terkenal. Bahkan sifat sabar ini dimiliki oleh sebagian besar orang Jogja. Sehingga, beberapa orang yang tidak sabar pun lenyap dari pandangan orang banyak. Memang tidak banyak yang tidak sabar. Lebih banyak yang sabar.

Hari-hari ini, orang Jogja belajar sabar. Atau tepatnya lebih sabar lagi. Sebab, jalanan Jogja mulai ramai. Mobil dan kendaraan lain dari luar kota Jogja berdatangan. Sudah mulai terlihat di jalanan utama kota ini, penuh, sesak, padat. Akan seperti apakah reaksi orang Jogja melihat pemandangan jalanan ini?

Orang Jogja kiranya dituntut untuk tetap sabar. Sabar ini juga boleh jadi membuat pendatang dari luar kota merasa betah untuk mengunjungi kota istimewa ini. Dengan kata lain, karena sifat sabar, orang dari berbagai kota datang ke Jogja untuk melihat langsung bagaimana orang Jogja tetap sabar di jalanan.

Idelanya seperti itu. Kenyatannya boleh jadi lain. Tetapi, tetap sifat sabar ini menjadi ciri khas. Beberapa orang mulai gerah. Tak tahan dengan situasi jalanan seperti ini. Harap maklum karena orang Jogja tidak terbiasa dengan pemandangan seperti ini. Tetapi, ada yang mengatasinya dengan cara sederhana. tak perlu terlalu sering keluar rumah. Apalagi jika tidak ada keperluan. Lebih menarik melihat jalanan padat dari dalam rumah daripada ikut terlibat dalam kepadatan dan keramaian jalan itu. Dan memang orang Jogja sudah mengalami bagaimana padatnya jalanan kota beberapa waktu belakangan hingga ke depannya.

Tidak ada resep ampuh selain belajar lebih sabar lagi. Sifat sabar yang sudah dimiliki dijaga dan dikembangkan ke level lebih tinggi lagi. Biarlah kesabaran itu menjadi cerminan mayoritas warga kota istimewa ini. Salam sabar untuk semua.

PA, 29/6/13
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.