Halloween party ideas 2015

Tak dipungkiri, sebentar lagi, harga solar naik. Boleh jadi naik 50% atau kurang sedikit. Belum tahu pasti. Tetapi pasti akan naik.

Pemerintah pun sudah siap memutuskan. Tentu ada keuntungannya bagi negara jika solar naik. Uang subsidi bisa digunakan untuk pos lain. Uang itu pun amat besar jika jadi solar naik. Pertanyaannnya ke mana uang itu setelah solar naik?

Jangan-jangan siap dikorupsi. Padahal jika dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat, ada gunanya. Semoga saja rakyat bisa menikmati uang subsidi itu. Tetapi rakyat juga jangan hanya mengharapkan subsidi. Rakyat harus tegar mengatasi tantangan yang ada. Jangan terus mengemis pada pemerintah.

Salah satu cara mengatasi solar naik adalah mengubah pola hidup. Jika selama ini, sering menggunakan kendaraan pribadi, mulai sekarang gunakan kendaraan umum. Atau juga sepeda. Pola hidup mesti diubah. Jika tidak, belanja bahan bakar membengkak.

Jangan sering menggunakan mobil pribadi. Biarkan tubuh juga ebrolahraga. Mengucur keringat, meregangkan otot, cuci mata dengan pemandangan baru entah itu indah atau malah memuakkan, biarkan tubuh menghirup udara alam, baik yang ebrsih mau pun yang menjijikkan. Inilah kerasnya hidup.

Hidup akan berarti jika ada perjuangan. Jika tidak, kehidupan tidak bermakna. Harga solar harus naik, kata para pengamat. Ini bisa menghemar anggaran belanja negara. Yang jadi persoalan rakyat adalah ulah pencuri uang negara alias koruptor. Percuma rakyat berusaha jika koruptor itu sering mencuri. Jadinya, jumlah yang miskin dan yang kaya tidak seimbang. Meski Indonesia punya banyak orang kaya, itu tidak ada artinya. Sebab, jumlah yang miskin banyak.

Dalam arti tertentu jatah untuk yang miskin malah dicaplok oleh yang kaya. Kalau mau berbagi ya bagus. Jika tidak, betapa yang miskin amat menderita. Tetapi baik kalau yang miskin berlatih bekerja keras. Jangan pasrah pada keadaan dan maunya diberi terus. Sesekali bahkan berulangkali mencoba mencari penghasilan. Tetapi, jangan main curang. Untuk berhasil perlu kerja keras.

PA, 17/4/13

Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.