Halloween party ideas 2015

FLAMBOYAN YANG INGKAR JANJI


Salah satu ciri khas bunga Flamboyan adalah bunganya mencolok. Ciri ini pas dengan namanya ‘Flamboyan’. Kata Flamboyan berasal dari Bahasa Prancis, ‘Flamboyant’ yang artinya menyala atau mencolok.

Flamboyan menjadi nama salah satu stasi di Paroki St Paulus, Pekanbaru. Nama pelindungnya adalah Santo Fransiskus Xaverius. Stasi ini tak jauh dari ingar bingar Pasar Flamboyan. Pasar di jalan lintasan Sumatra. Karena di lintasan, pasar ini selalu ramai.

Saat datang, kami melewati pasar ini. Di belakang pasar inilah ada kompleks gereja stasi. Letaknya jauh dari keramaian pasar. Agak masuk, di kawasan perkebunan. Cocok untuk tempat doa. Meski di dalam, letaknya cukup mencolok. Dari bahu jalan amat jelas. Bagian depan gereja agak tinggi. Ada motif khas yang amat menarik. Entah motif dari mana.


Sore ini (Selasa 26 September), Pasar Flamboyan juga ramai. Keramaian ini juga lah yang kami bayangkan saat berencana datang untuk animasi di stasi ini. Dan, memang benar-benar ramai. Hanya saja, keramaian itu hanya terbatas di Pasar. Keramaian itu tidak muncul di gereja.

Wajah mencolok gereja Flamboyan rupanya tidak seindah isinya. Ada Ketua Stasi dan para pengurus lainnya tetapi umat lain amat kurang. Yang ikut animasi pun amat sedikit. Hanya ada sekelompok anak-anak TK sampai kelas 3 SD. Suara mereka merdu saat bernyanyi. Tetapi redup ketika kami bertanya. Berarti, mereka sama sekali kurang paham dengan bahan yang kami siapkan.

Umur mereka terlalu kecil. Pemahaman juga masih terbatas. Mereka juga tampaknya agak sulit keluar dari keterbatasan itu. Mereka seolah-olah dikungkung oleh guru bina iman yang menemani mereka. Guru itu membawa ranting pohon kering, entah untuk apa. Sore ini, ranting itu juga melekat di tangannya.

Kami yakin, ranting itu hanya sebagai ancaman saja. Ancaman ini tak disangka justru membuat anak-anak merasa takut. Lebih takut lagi karena anak-anak akhirnya tidak mendengar kami yang sedang bicara. Guru bina iman itu justru mendominasi perhatian. Dia—dengan modal ranting pohon di tangan—mencoba menarik perhatian anak-anak. Alih-alih mengarahkan anak untuk mendengarkan kami, Ibu itu justru membuat penjelasan menurut versinya.

Pemandangan ini memang sedikit mengganggu apalagi ada orang tua yang mempunyai banyak pertanyaan. Beruntunglah, tim animasi dengan sabar dan bijaksana mengatasi situasi ini. Kami tetap menjawab pertanyaan orang tua dan mengabaikan anak-anak yang asyik sendiri dengan seorang guru pembina mereka.

Tampak seperti sebuah rumah berwajah ganda. Sebelah kiri ada orang tua yang serius menyimak pemaparan dan sebelah kanan ada anak-anak yang asyik dengan kegiatan mereka. Flamboyan dengan pemandangan ini tidak lagi mencolok. Kalau mau mencolok, hanya satu yang muncul. Kalau dua, sisi mencoloknya terpecah jadi dua. Persis seperti Flamboyan sore ini.

Flamboyan versi pasar ramai dengan kebiasaannya. Flamboyan versi gereja bukan saja ramai dengan anak-anaknya tetapi juga dengan kelompoknya sendiri. Keramaian yang dirindukan sebelumnya adalah keramaian yang mencolok seperti Flamboyan yang bunganya mencolok. Andai keramaian itu menjadi Flamboyan yang benar-benar mencolok, Flamboyan itu tidak akan menginkar janji.

Semoga Flamboyan tetap mekar dan menampilkan bunga merahnya di Stasi ini. Kelak, umat di sini menjadi Flamboyan yang menarik perhatian dari sesama. Flamboyan itu memang belum tampak hari ini. Flamboyan yang dominan justru di pasar sebab hari ini adalah hari pasar. Demikian bisikan seorang pengurus stasi. Berarti, ada kesalahan dalam memilih tanggal dan jam-nya. Boleh jadi akan mencolok jika memilih hari lainnya.

Selalu ada harapan untuk Flamboyan.

BA, 9/10/2017
Gordi 





Post a Comment

Powered by Blogger.