Halloween party ideas 2015


Saya baru saja membaca buku Perang Eropa Jilid II Karangan PK Ojong. Ini bacaan lanjutan dari buku pertama, Perang Eropa J I. 

Saya tertarik dengan salah satu kisah prajurit di dalamnya. Di situ diceritakan bahwa para prajurit disuruh menulis surat kepada keluarga, istri dan anak-anak atau orang tua. Surat itu adalah surat wasiat. Ini dibuat menjelang berangkat perang. Jadi, semacam pemberitahuan terakhir untuk keluarga.

Malam sebelum ada penyerangan ke tempat baru, para prajurit disuruh masuk barak tentara dan mulai menulis surat wasiat ini. Jika besok dalam penyerangan terjadi hal yang tidak diinginkan, maka kepala tentara mengantar pulang jenazah beserta surat itu.

Wah...ternyata demikian yah....kisah para prajurit. Memang jadi tentara itu gampang-gampang susah. Ada tentara yang kelihatan tampan, bodinya bagus dan menarik, dan sebagainya. Suatu saat pemandangan lenyap seketika dalam peperangan.

Tak ada yang tahu. Tetapi keluarga cukup terbantu dengan surat wasiat. Paling tidak itu sebagai bukti bahwa dia berkorban demi bangsanya. Dia juga tidak melupakan keluarga yang ditinggalkan.

PA, 27/10/2012
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.