Halloween party ideas 2015


Judul Buku: PERJUANGAN DAN PENINDASAN
Penulis: Heri Bongkok
Pengantar oleh Emmanuel Subangun
Penerbit : YLPS Humana, Jl Komojoyo 28 CT X
Tahun terbit: 1995
Kota Terbit: Karangasem, Catur tunggal, Yogyakarta
Jumlah halaman: 140

Buku ini pengalaman seorang anak gemble yang pernah hidup sebagai pemulung, pengemis, anak panti, tukang semir sepatu, pencopet, korban pelecehan seksual

foto: inspirasianakbangsa.com 
Buku ini adalah potret anak jalanan yang hidup di kereta api, angkutan umum, terminal bis, kolong tol, dan tempat umum lainnya. Mereka hidup nomaden, berpindah dari kota ke kota, tempat ke tempat.

Heri, nama penulis buku ini, adalah nama samaran. Tulisan dalam buku ini memang merupakan hasil cerita dari Heri. Dia bercerita dan ada yang menulis ulang.

Tak jelas siapa nama pencerita. Ini tidak penting. Yang jelas dia adalah seorang anak jalanan. Dia diwawancarai atau disuruh menceritakan pengalaman hidupnya, kemudian dituliskan, lalu ditulis ulang sehingga bisa dibaca oleh kalayak umum. Meski demikian, bahasa dalam tulisan ini sebagian besar dipertahankan, tidak banyak yang diubah dalam bahasa/kalimat baku.

Buku ini cocok dibaca oleh peneliti anak jalanan atau juga siapa saja yang mau tahu tentang dunia anak jalanan. Bahasanya mudah,  jumlah halaman sedikit. Bisa dibaca sambil duduk di terminal, stasiun kereta, dan tempat nyaman lainnya.

Saya membaca buku ini dalam dua hari. Cepat dan ringan.

PA, 27/3/13
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.