Halloween party ideas 2015



Manusia punya mata. Dengan mata manusia meihat apa saja yang indah dan tidak indah di sekitarnya. Mata membuat manusia melihat keadaan sekitarnya. Tetapi mata juga bisa membuat manusia cuek dengan keadaan sekitarnya. Inilah yang sering diistilahkan punya mata tapi tidak bisa melihat.

Mata yang masih baik bisa mengantar manusia pada keadaan yang tidak sadar. Maksudnya mata yang biasa melihat apa saja seolah-olah membuat manusia tertidur dalam alam tidak sadar. Tidak sadar akan fungsi mata sebagai indra penglihatan. Suatu saat manusia baru menyadari betapa penting fungsi mata. Saat itu adalah saat mata tidak lagi bisa melihat.

Tadi sore mata saya hampir tidak berfungsi. Saat itulah saya menyadari betapa fungsi mata amat penting. Agar berfungsi dengan baik, mata mesti didukung oelh keadaan sekitarnya. Jika tidak, mata tidak bisa berfungsi dengan baik. Mata bekerja dengan alat di sekitarnya. Sebut saja terang. Memang mata berfungsi dalam terang. Mata tidak berfungsi dalam gelap.

Mata saya tidak berfungsi bukan karena rusak tetapi karena keadaan di sekitar gelap. Saya mengendarai mobil saat hujan deras. Air hujan yang turun di kaca depan menghalangi pandangan saya. Apalagi ditambah angin dari Barat yang membuat air hujan tidak bisa turun lancar di kaca mobil. Hujan memang punya daya untuk menghalangi pandangan mata manusia.

Dengan halangan ini, mobil saya kendalikan pelan-pelan. Sifat hati-hati mulai muncul dan bekerja dengan kuat di sini. Padahal sebelumnya saya ngebut dan hampir tak memedulikan pengendara yang berjalan lambat. Saat saya mau cepat, muncul penghalang, air hujan ini. Boleh jadi, saya memang tidak boleh cepat. Saya mesti pelan-pelan mengingat yang lain juga pelan.

Ketika Anda sekalian mengendara waktu hujan berhati-hatilah. Kurangi kecepatan. Hargai pengguna jalan lain terutama sepeeda motor. Sayang kalau emreka kecipratan air dari mobil kita. Demikian juga dengan warga yang bernaung di rumah pinggir jalan. Mereka ini kadang jadi korban kecipratan air dari mobil yang ngebut. Bagi pengendara tentu tidak apa-apa. Toh dia di dalam mobil. Bagi pemilik rumah, cipratan itu membuat rumahnya kotor, dan tentu dia marah.

PA, 30/5/2013
Gordi


Post a Comment

Powered by Blogger.