Halloween party ideas 2015



Santo Bonifasius adalah seorang martir. Ia lahir di Inggris tahun 672 M dan meninggal di Jerman 754 M. Ia meninggal sebagai martir. Dia diserang oleh sekelompok orang di sebuah perkemahan. Di perkemahan, Bonifasius hendak menerimakan sakramen kepada umat. Dia menunggu umatnya bersama rekan perkemahan. Rupanya di perkemahan ini dia diserang oleh orang tak dikenal.

Kisah Bonifasius ini diambil dari wikipedia. Dari kisah ini dapat diambil beberapa hikmah. Bonifasius adalah orang yang setia menunggu. Menunggu sudah lazim dianggap sebagai tindakan yang membosankan. Siapa yang tidak bosan menunggu. Itu karena yang ditunggu tidak datang-datang. Lain kalau yang ditunggu datang tepat waktu, menunggu menjadi saat-saat yang indah dan menyenangkan.

Bonifasius menunggu umatnya untuk menerimakan sakramen. Yang ditunggu belum datang tetapi tampaknya Bonifasius masih setia menunggu. Yang ditunggu digantikan oleh sekelompok orang yang menyerang Bonifasisu dan pengikutnya. Menunggu yang membawa maut.

Menunggu, bagi Bonifasius, kiranya bukan pekerjaan yang membosankan. Menunggu malah menjadi saat yang membahagiakan. Bahkan bisa membuat pembaruan. Bonifasius menunggu saat yang tepat untuk memotong sebuah pohon Ek raksasa yang disembah oleh sekelompok umat di Hesse (Jerman Barat). Pohon ini diyakini sebagai tempat bersemayam dewa Thor, dewa guntur dan perang.


Pohon Ek ini membuat orang Hess menyembah berhala. Penyembahan berhala menjadi sebuah kewajiban. Ada ancaman jika tidak menyembah. Dewa marah pada manusia. Bonifasius mendobrak model penyembahan ini. Ia memotong pohon Ek dan runtuh. Tidak ada hal luar biasa yang terjadi. Dewa tidak marah. Demikian dikisahkan dalam riwayat Santo Bonifasius.

Kesetiaan kiranya menjadi pegangan hidup Bonifasius. Ia setia pada imannya, menyembah Yesus, bukan menyembah berhala, menyembah pohon. Kesetiaan, baginya, kiranya menjadi kekuatan untuk membarui kehidupan iman umatnya. Kesetiaan dibutuhkan oleh orang beriman.

PA, 5/6/13
Gordi





Post a Comment

Powered by Blogger.