Halloween party ideas 2015

foto oleh Viva Desta
Kompasiana sudah kaya dengan uraian tentang menulis. Saking kayanya, tulisan muncul silih berganti. Dalam sepuluh menit sudah terdapat 1o tulisan. Jadi setiap menit satu tulisan, katakanlah demikian. Kompasiana memang gudangnya tulisan.

Saya juga termasuk penyumbang tulisan di blog ini meski hanya beberapa saja dibanding teman-teman yang lebih dulu bergabung. Tetapi tidak apa-apa asal saja bisa menulis dan ada tulisan yang dihasilkan. Toh banyak sedikitnya tergantung kemampuan orang menulis dan banyaknya waktu untuk menulis.

Saya saat ini memikirkan bagaimana menulis pendek tetapi bermanfaat. Saya menelusuri tulisan di kompasiana ini. Ada orang yang menulis pendek tetapi pesannya jelas. Tulisan seperti ini bermanfaat, menurut hemat saya. Bukan karena saya benci tulisan panjang tetapi tulisan pendek bisa hemat waktu dalam membacanya. Saya suka menulis pendek tetapi sampai sekarang belum berhasil. Masih sering menulis panjang. Tetapi kalau tidak ada ide yang perlu dikembangkan cepat-cepat disimpan tanda titik dan tulisan pun berakhir.

Harapan ke depannya semoga saya bisa menulis pendek tetapi pesannya jelas. Juga isinya padat. Tulisan pendek tanpa isi atau pesan juga kurang bagus. Tulisan panjang disertai pesan yang jelas juga baik tetapi butuh banyak waktu untuk membacanya. Bayangkan tulisan 8-10 paragraf harus dibaca selama 2-3 menit. Memang ada trik membaca cepat tetapi tetap saja kurang menarik ketimbang membaca tulsian pendek tetapi padat isinya.
____________________
*Unek-unek sore akhir pekan

PA, 4/8/2012
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.