Halloween party ideas 2015

foto oleh Lianyuandry
Sebentar lagi ada mudik lebaran. Dari tahun ke tahun animo masyarakat kita untuk mudik  dengan sepeda motor tinggi. kalau ditanya mengapa, argumennya ya murah, irit, asyik, dan sebagainya meskipun risiko kecelakaannya tinggi juga. Banyak korban kecelakaan adalah pengendara sepeda motor. Himbauannya agar mudik sepeda motor berkurang sehingga angka kecelakaan sepeda motor juga berkurang. Gunakan saja kereta api atau bis. Lebih baik berkorban membayar ongkos bis yang besar daripada membayar ongkos rumah sakit yang tidak kalah besar kalau kita mengalami kecelakaan. Itu pun kalau masih bisa diselamatkan, kalau tidak kita tidak tahu apa yang terjadi.

Kemarin pagi saya menggunakan sepeda motor dan mengalami kecelakaan. Saya tidak sedang mudik tetapi sedang memboncengi teman saya. Ban sepeda motor ternyata tidak terlalu kencang. Teman saya agak berat, 80-an kilogram. Sebelum jalan, saya mengecek ban dan kondisinya masih bagus. Saya memperkirakan anginnya masih kencang. Lalu kami jalan. Tiba-tiba saat pulang, ban itu pecah. Ban bagian dalam keluar sebagiannya. Ban luar masih bagus. Untungnya saya cepat menyadari kondisinya ban ini. Motor mulai oleng. Saya meminta teman saya untuk turun.Bengkel sepeda motor agak jauh. Saya mendorong motor sejauh lebih kurang 200 meter. Ban belakang berputar dengan peleks saja. Roda-rodanya masih kuat.

Tibalah kami di bengkel tepat di depan sebuah sekolah dasar. Bengkel itu belum buka karena masih pagi, kira-kira 6.30. Saya menunggu sebentar lalu memanggil tukang bengkelnya. Seorang bapak di dekat bengkel itu menyuruh saya memanggil tukang bengkelnya yang ada di belakang bengkel itu. Lima menit kemudian dia datang dan mengecek kondisi motor. Dia membuka ban dan melihat ban dalam sudah rusak. Lalu dia pergi ke toko untuk membeli ban untuk dipasangkan di motor saya.

Semangat melayaninya tinggi. Rela bangun pagi gara-gara ada ‘pasien’ bengkelnya. Setelah selsesai membenarkan ban motor itu saya memberi uang ongkos. Di belakang motor saya sudah antri beberapa motor lagi. Ini berarti tukang bengkel ini siap melanjutkan pekerjaan.
Hikmah dari kejadian ini adalah cek kondisi motor Anda sebelum jalan. Pengecekannya mesti jeli sebab kecelakaan karena ban sepeda motor bisa datang tiba-tiba seperti yang saya alami. Itu masih seputar angin ban. Belum lagi kalau ban itu kena paku di jalanan. Kondisinya sama trumitnya dengan kasus angin ban motor.

Selain itu, pastikan bahwa di rute yang Anda lalui ada bengkel sepeda motor. Memang di mana-mana sekarang ini ada banyak bengkel tambal ban. Di pinggir jalan di kota besar banyak bengkel seperti ini. Tetapi jika Anda terjadi kecelakaan di jalanan yang tidak ada bengkel tambal ban maka Anda harus mendorong motor Anda sampai ditemukan bengkel. Bersiap-siaplah untuk ini. Saya kira seorang pengendara sepeda motor yang baik adalah dia yang tidak melepaskan tanggung jawab atas sepeda motornya.

Akhirnya, ketika Anda bepergian jauh menggunakan sepeda motor, hati-hatilah di jalan agar selamat sampai tujuan. Selamat jalan.

Selamat sore untuk para pembaca…

PA, 2/8/2012
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.