Halloween party ideas 2015

foto oleh Khairul Amran
Memberi komentar dan menaggapi komentar pada tulisan di kompasiana ini sudah menjadi tradisi bagi kompasioners. Saya termasuk orang yang suka memberi komentar dan bukan orang yang sering memberi komentar. Di profil saya terhitung ada 751 tanggapan sampai  saat tulisan ini dibuat. Ini belum apa-apa sebab ada kompasioner yang sudah melampaui angka ribuan. Tergantung dia sering berkomentar atau tidak, dia sudah lama menjadi kompasioner atau tidak. Faktornya bermacam-macam.

Apa tips membuat komentar di kompasiana ini? Saya menemukan satu tips. Boleh jadi tips ini sudah diakui oleh kompasioners senior. Atau juga mungkin, bagi kompasioners tertentu, tips ini sudah basi karena sudah lama. Boleh jadi juga tips ini menjadi hal penting bagi kompasioner pemula. Entah apa tanggapan pembaca. Yang jelas saya hanya membagikan ini karena saya anggap ini penting juga.

Tips jitu itu adalah membaca secara keseluruhan artikel sebelum memberi komentar. Langkah pertama adalah membaca keseluruhan artikel. Tanpa membaca seluruhnya komentar kita boleh jadi tidak menyentuh isi tulisan. Atau hanya menilai sebagian artikel saja. Hasilnya kita dicap seperti pembaca yang tergoda dengan jdul saja. Langkah selanjutnya pasti pembaca bisa tebak. Memahami isinya, memutuskan apakah memberi komentar atau tidak, apakah perlu memberi komentar atau tidak.

Langkah lainnya setelah memutuskan adalah membuat komentar yang tidak menimbulkan keributan atau menyinggung soal SARA, atau menyerang kelompok tertentu. Jika ini terjadi, komentar kita atau profil kita siap dihapus oleh pihak berwajib.

SAya menerapkan ini selama bergabung dengan kompasiana. Dengan kata lain, tips ini muncul dari pengalaman saya. Kadang-kadang saya membuat komentar berupa masukan panjang lebar. KAdang-kadang juga hanya satu kata. Atau juga mengapreasiasi penulisnya. ATau bahkan dengan mengatakan satu kata, bagus, aktual, menarik, dan sebagainya.

Ini tips singkat membuat komentar. Semoga bermanfaat. Boleh jadi tips ini basi. Tetapi, manfaatnya tentu selalu segar untuk dipraktikkan.

Selamat malam untuk pembaca semuanya…..

PA, 9/9/2012
Gordi Afri


Post a Comment

Powered by Blogger.