Halloween party ideas 2015

foto oleh Pojok Buku
Berkomentar di kompasiana. Inilah yang saya buat ketika tidak ada ide untuk menulis. Daripada membuat tulisan lebih baik membaca tulisan teman dan berkomentar seperlunya. Dengan berkomentar otak saya tetap segar. Segar untuk berpikir memberi komentar pada tulisan teman. 

Sebenarnya bukan hanya pada saat tidak ada ide menulis. Setiap kali membuka kompasiana saya sempatkan diri untuk memberi komentar, meski hanya satu, pada tulisan teman. selesai membaca saya membuat komentar. Namun jika tulisan itu tidak perlu dikomentari maka saya tidak akan membuat komentar.

Berkomentar di kompasiana ternyata mempunyai pengaruh besar. Pengaruhnya adalah mempunyai banyak teman. Teman sesama komentator. Melalui komentar kita bisa akrab, memberi guyon di dunia maya kompasiana. Dari kata-kata yang tertulis serasa seperti sudah bersua. Padahal tinggal di kota yang berjauhan. Melalui komentar itu kita jadi satu hati. Orang bilang satu hati aneka wajah. Di kompasiana ini, satu ladang aneka pekerja.

Gara-gara komentar itulah saya berteman dengan para dosen yang ada di kompasiana ini. Bukan dengan mereka saja, juga dengan teman-teman mahasiswa. Meski sudah tamat, saya masih merasa seperti mahasiswa. Hanya saja tuntutan membuat makalahnya sekarang tidak ada. Diganti dengan membuat tulisan di kompasiana. Dengan berkomentar, saya berteman dengan pakar ekonomi, pakar olahraga, pakar kesehatan, pakar sosial, pakar psikologi, pakar LSM, motivator, dan sebagainya.

Kompasiana ini menjadi ladang berbagai profesi. Disatukan dengan minat menulis. Menulis dengan berbagai tema termasuk menulis tentang dunia foto.

Lagi-lagi dengan berkomentar saya jadi tahu banyak hal. Setiap hal mungkin hanya tahu sebagian atau seperempatnya saja. tetapi paling tidak saya tahu sedikit dalam banyak hal.
Makanya, saya tak henti-hentinya memberi komentar di kompasiana ini. Komentar yang sopan dan sesuai kaidah. Sebab, kalau komentar saya membuat orang lain tidak nyaman, bisa dihapus. Dan bukan saja dihapus saya menjadi biang perusak relasi di dunia maya ini.
Selamat berkomentar….

PA, 8/7/2012
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.