Halloween party ideas 2015

foto illustrasi dari internet
Akhir-akhir ini agama sering menjadi alasan—bagi orang tertentu—untuk membenarkan tindakannya. Kalau tindakan itu baik dan tidak merugikan yang lain, tidak masalah. Namun, jika tindakan itu justru mengkhianati yang lain bahkan sampai menghilangkan nyawa, itu menjadi masalah. Lantas, timbul kesan dan persepsi orang tentang sebuah agama dari tindakan seorang yang membenarkan tindakan brutalnya. 

Di kampus kami, ada satu mata kuliah yang membahas tentang toleransi agama. Tepatnya, membahas masalah yang berkaitan dengan relasi antar-agama. Lepas dari agama yang diakui pemerintah atau tidak. Pokoknya, relasi antar-agama. Dalam salah satu sesi kuliah, kami ditugaskan untuk mewawancarai penganut agama lain. Dari situ, kami diharapkan mampu memahami agama lain dari penganutnya. Bukan dari buku yang kami pelajari atau dari cerita, persepsi, dan tanggapan orang tentang sebuah agama. 

Saya tertarik dengan sesi ini. Ketika hendak mewawancarai, hati ini berdebar. Ada pertanyaan bergejolak, benar nggak ya, kalau saya memintanya mengajarkan agamanya kepada saya. Jangan-jangan salah. Saya buang jauh-jauh, pikiran itu dan melangkah menghadap orang yang akan saya wawancarai. Memang ada penolakan dari orang yang akan saya wawancarai. Dia menolak karena dia bukan ahli agama(nya). Latar belakangnya bukan pendidikan agama. Namun, dia mau diwawancarai ketika saya mengatakan, kami mau memahami agama bapak dari penjelasan bapak. Dan, bukan dari buku yang bias kami baca. Bapak itu lalu bersedia diwawancarai.

Penjelasan bapak tentang agamanya sungguh mengesankan. Dia menjelaskan sesuai dengan praktik hidup keagamaannya selama ini. Dia pun mengakui kalau itu kadang-kadang belum lengkap sebab dia tidak menguasai semuanya. “Mohon maaf ya dik, penjelasan saya ini boleh dibilang hanya sebagian saja dari ajaran agama saya,” katanya. Saya kira ini pengakuan jujur seorang bapak terhadap orang lain. Kata-katanya menggambarkan sikap kerendahatiannya. Selain itu, saya menjadi tahu bahwa, pandangan orang tentang agama tertentu kadang-kadang tidak sesuai kenyataan. Kalau orang ngotot pada pandagan itu, bisa jadi itu akan menjadi prasangka.

Sebagian dari kita masih ingat kasus pembakaran buku pada zaman orde baru. Seorang wartawan mewawancarai seorang bapak yang ikut dalam aksi mendukung pembakaran buku. Dia ternganga ketika wartawan menanyakan alasan membakar buku itu. Ternyata dia belum membaca buku itu. Tetapi aneh bin ajaib, dia mendukung acara pembakaran buku. Boleh jadi dia hanya ikut-ikutan saja dan mungkin hanya bermodalkan prasangka kalau buku itu tidak baik isinya sehingga perlu dibakar.

Pandangan sebagian orang tentang agama kadang-kadang hanya berupa prasangka. Dan bermodalkan prasangka, orang menuduh penganut agama lain begini-begitu. Padahal dia tidak tahu situasi sebenarnya. Alangkah baik kalau prasangka itu disimpan saja dan tidak perlu dikeluarkan sebelum mengetahui situasi sebenarnya. Bisa jadi prasangka itu muncul setelah melihat kulit luar saja dari sebuah komunitas agama. Maka, alangkah baik dan menyenangkan, jika para penganut agama, berkumpul, berdialog, membicarakan hal-hal penting yang terjadi dengan agamanya.

Memahami agama lain tidak cukup dengan membaca buku tentang agama tersebut. Yang lebih berarti adalah belajar langsung dari penganutnya. Dengan itu, pandangan yang tersimpan dalam pikiran kita merupakan hasil interaksi dengan penganut agama tersebut dan bukan dari persepsi orang tentang agama tersebut. Inilah dialog kehidupan beragama. Dialog yang hidup ini menjauhkan prasangka buruk tentang agama tertentu. Mari berdialog, kita ini hidup di bawah selimut Bhineka Tunggal Ika. Majulah bangsaku Indonesia.

Cempaka Putih, 16 Oktober 2011
Gordi Afri


ARTIKEL SEBELUMNYA BACA DI SINI 

ARTIKEL LAIN TENTANG DIALOG ANTARAGAMA BACA DI SINI DI SINI DAN DI SINI

Post a Comment

Powered by Blogger.