Halloween party ideas 2015

foto ilustrasi oleh uplinkindonesia
Seorang nenek berbaring di tempat tidurnya. Siang itu ia sedang tertidur. Tempat tidurnya berupa sebuah spon bekas yang cukup tebal. Spon itu diletakkan di atas tenda setinggi lutut orang dewasa. Di samping tempat tidur, ada anaknya, sedang berbincang dengan suaminya. Mereka tersenyum menyambut kedatangan saya dan seorang teman. 

Boleh jadi, senyum itu pertanda mereka gembira. Kegembiraan bagi mereka muncul ketika ada yang berkunjungi ke situ. Lebih dari situ, mereka gembira karena kami membawa sekotak nasi untuk sang nenek. Ini kali pertama bagi saya mengantarkan makanan ke situ. Namun, mereka tahu, kami datang dari rumah yang menyumbang sedikit rezeki untuk sang nenek.

Mereka tentu mengalami kesulitan ekonomi. Perbincangan siang itu terjadi di bawah kolong tol, tepatnya di bilangan Jakarta Utara. Mereka tak memiliki rumah. Mereka hanya berlindung di bawah kolong tol. Inilah tempat yang nyaman bagi mereka. Gubuk-gubuk berdiri berderetan. Ada yang berdinding tripleks, ada pula yang sama sekali tak berdinding. Bagi mereka, merupakan sebuah keberuntungan mendapat hunian di bawah tol. Tak perlu repot mendirikan rumah. Tak perlu sulit mencari lahan.

Tampaknya, kehidupan di situ memang nyaman. Mereka bisa berlindung ketika hujan. Inilah salah satu kenyamanan menurut mereka. Kenyamanan yang tentu berbeda dengan bayangan banyak orang kota Jakarta. Meski nyaman, sesekali mereka juga bisa terancam banjir. Permukaan tanah di situ tidak lebih tinggi dari tanah di sekitar. Kalau hujan, boleh jadi air mengalir ke situ.

Pemandangan yang tak kalah kurang nyaman adalah tumpukan sampah di samping gubuk mereka. Kolong tol ini rupanya menjadi tempat serba guna. Tempat ini menjadi hunian manusia dan hunian sampah. Di samping gubuk nenek tadi, ada gundukan sampah. Kalau diangkut sampah itu bisa memenuhi 2-3 mobil. Bahkan, sebelum sampai ke gubuk itu, kami harus melewati jalanan bergelombang. Jalan itu terbentuk di atas tumpahan sampah.

Pemandangan ini berlawanan dengan pemandangan di atas tol. Di atas tol ada manusia yang lalu-lalang dengan mobilnya. Mereka ini menggunakan jalan bebas-hambatan ini untuk memperlancar aktivitas. Mereka membayar sejumlah uang agar mereka bisa menggunakan jaln ini. Singkatnya, jalan ini hanya dilalui oleh orang yang mempunyai sejumlah uang.

Sementara di bawahnya, ada manusia yang tinggal di gubuk sederhana di antara gundukan sampah. Mereka ini tidak mempunyai sejumlah uang untuk mendirikan rumah. Lantas, gubuklah yang mereka dirikan. Mereka tidak bisa berbuat apa-apa selain bertahan di tempat itu. Mereka rela menikmati pemandangan dan suasana yang ada dengan segala konsekuensinya.

Saya teringat kata-kata seorang dosen. “Kalau mau melihat Jakarta secara umum, naiklah jalan tol dalam kota. Anda akan mendapat gambaran kota Jakarta dengan pemandangannya. Namun, kalau mau melihat Jakarta dengan situasi sosialnya, naiklah angkutan umum dan kereta api. Anda akan tahu, seperti apa kehidupan warga Jakarta.” Dan, saya menganjurkan, kalau pembaca mau melihat salah satu model penderitaan warga Jakarta, kunjungilah gubuk-gubuk di bawah tol ibu kota. Anda akan melihat kehidupan yang berbeda dengan kehidupan yang dialami warga perumahan mewah di Jakarta.

Cempaka Putih, 27 Oktober 2011
Gordi Afri


ARTIKEL TERKAIT DI SINI

Post a Comment

Powered by Blogger.