Halloween party ideas 2015

foto oleh God's World, USA
Kenal dan tahu beda tipis. Kenal berkaitan dengan keseluruhan pribadi seseorang. Sedangkan, tahu hanya sebatas yang dilihat saja.

Adam Lanza, pembunuh yang sedang tenar di Amerika ternyata tidak dikenal oleh teman-temannya. Teman-temannya tahu Adam tetapi tidak mengenalnya. Ini berarti Adam hanya dikenal sebagai nama seorang teman. Sementara pribadinya tidak banyak yang tahu.

Inilah akibatnya jika berteman hanya sebatas nama saja. Berteman layaknya disertai kenal secara mendalam. Pribadi, sikap, tutur kata, tingkah lakunya meski diketahui. Jika tidak, seperti ini hasilnya.

Saya kira Adam Lanza tak jauh beda dengan pelaku teror di negeri kita. Mereka tinggal di lingkungan RT tetapi tidak dikenal oleh warga lingkungan. Mereka hanya tahu, si A tinggal di sini selama setahun, misalnya. Tetapi sikap, perilaku, profesi, bahkan aktivitasnya tidak diketahui.

Beberapa waktu kemudian tiba-tiba saja, tetangga itu ditangkap polisi. Semua yang diketahui tentang tetangga itu buyar. Ternyata dia ini teroris, pembuat bom, dan sebagainya.

Kembali kepada kita. Maukah kita mengenal tetangga kita? Jika sering bergaul dan ikut serta dalam pertemuan, kerja bakti lingkungan, kita mengetahui tetangga kita. Meski hanya sekali sebulan, kerja bakti itu berguna, paling tidak kita punya modal untuk saling sapa. Dari saling sapa kita mengenal orangnya.

Kebiasaan gaul semacam ini bisa ditularkan kepada anak-anak kita. Jangan biarkan dia murung sendiri di kamar. Ajak dia bermain, bercengkrama, menonton film bersama, jalan-jalan ke pasar, mol, dan tempat ramai. Dengan kata lain anak dilatih untuk bersosialisasi. Orang tua juga semestinya setia mendampingi. Jangan beralasan sudah lelah bekerja, anak-anak dibiarkan bermain sendirian.

Kalau kita tahu dan kenal anak kita seperti apa, kita pun bisa memberi pendampingan yang efektif padanya. Anak-anak adalah peniru ulung. Jangan sesekali anak-anak mempelajari hal-hala buruk dari orang dewasa. Kunci untuk mencegahnya adalah dengan mendampingi dia.

Mari mengenal tetangga kita. Selamat mencoba.

PA, 18/12/12
Gordi

*Pernah dimuat di blog kompasiana pada 18/12/12

Post a Comment

Powered by Blogger.