Halloween party ideas 2015

foto ilustrasi oleh gandhi pipit
Tahun baru. Sebentar lagi akan tiba. Ada kerinduan untuk mencapai tahun itu. Setiap orang mempunyai kerinduan yang sama. 

Hari ini tahun lama akan berakhir. Nanti malam. Tepat pukul 00.00 menjadi akhir dari tahun kiamat yang diramalkan. Begitu lewat 01 detik, kita masuk tahun baru.

Tak ada yang luar biasa. Setiap tahun seperti itu. Alam berputar sesuai hukumnya. Lihat saja pergantian siang dan malam. Terjadi dengan sendirinya. Demikian juga dengan pergantian jam yang ditentukan oleh manusia. Paling jelas adalah pergantian hari dan malam. Itu hukum alam. Pergantian tahun merupakan pergantian yang dibuat manusia. Maksudnya, ukuran setahun itu dibuat manusia.

Hari-hari ini di mana-mana ada atraksi menyambut tahun baru. Ada pesta kembang api, pesta dengan sang kekasih, pesta keluarga, pesta rakyat, pesta komunitas, dan sebagainya. Ada banyak pesta keagamaan. Untuk apa semuanya ini? Tanpa pesta pun tahun itu otomatis akan berakhir. Memang pergantian waktu tidak terkait dengan pesta itu.

Tetapi manusia tetap membuat pesta. Manusia kan suka pesta. Lebih dari sekadar hiburan, pesta itu juga merupakan ungkapan syukur. Syukur atas tahun lama yang akan berakhir. Apa pun bentuknya pesta yang akan diadakan hari dan malam ini menjadi ungkapan syukur. Hiburan juga bisa dikaitkan dengan syukur. Syukur yang diungkapkan, diekspresikan.

Selamat akhir tahun………

PA, 31/12/12
Gordi

*Pernah dimuat di blog kompasiana pada 31/12/12

Post a Comment

Powered by Blogger.