Halloween party ideas 2015

ilustrasi dari google
Rakyat Jakarta sudah bersatu dalam pesta festival malam tahun baru. Mereka bersatu karena pesta rakyat. Meski dalam suasana lain mereka bercerai. Lihat saja kasus kriminal masih meraja lela di sana. 

Banyak yang mengkritik kebijakan Gubernur DKI dalam menggelar pesta ini. Danayang dikeluarkan tentu saja besar. Bahkan ada yang menilai buang-buang duit saja. Di satu sisi memang seperti itu. Tetapi apakah tidak ada sisi lainnya?

Gubernur Jokowi mengatakan bahwa festival ini merupakan keinginan rakyat. Rakyatlah yang meminta. Biasanya rakyat membuat pesta di kafe dan mol. Ini tentu saja dinikmati oleh sebagian warga. Yang kelas menengah dan atas. Sementara pesta rakyat tahun ini dinikmati oleh semua kalangan warga.

Maka, di satu sisi pesta ini mengikutsertakan semua lapisan warga. Soal dana yang dikeluarkan tidak bisa dipungkiri. Besar. Tetapi dana itu tidak disia-siakan. Coba hitung berapa besar dampaknya pesta ini bagi kebersamaan warga?

Warga bersatu. Tanpa sekat. Warga merasa dekat satu sama lain. Bisa saling sapa. Saling kenal. Kalau sudah kenal saling jaga, saling bangun Jakarta, salingmenghormati. Tanpa jarak. Yang miskin dekat dan disapa oleh yang kaya. Demikian sebaliknya.

Sisi ekonomi tentu saja biayanya besar. Tetapi sisi sosial dampaknya juga besar. Paling tidak Jokowi sudah mulai merintis persatuan warga Jakarta. Sisi lain yang masih mengalami kekurangan tentu saja diterima dan semoga menjadi bahan pelajaran untuk penyelenggara selanjutnya.

PA, 2/1/13
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.