Halloween party ideas 2015

 AYAH PERGI TANPA IBU



Hanya anak-anak yang menemani kepergian sang ayah. Entah ibu sempat datang, yang jelas di hari kematian ayahnya, hanya ketiga anaknya yang menemani.

 

Keluarga ini tinggal di Pontianak dan sang ayah meninggal di Jakarta. Dua anak tinggal bersama bapak dan ibu sedangkan anak pertama sudah bekerja dan tinggal di Jakarta. Tapi, di hari kematian ayah ini, ketiga-tiganya ada di Jakarta.

 

Saya memberkati jenazah bapak ini di RS Citpo Mangunkusumo. Saat tiba di ruang tunggu, saya melihat anak pertama di ruangan itu. Bersama keluarga yang menjemput saya, kami bersalaman dan menyampaikan turut berdukacita kepadanya. Mereka sedang bersedih tapi harus tegar. Demikianlah anak kedua yang laki-laki itu sibuk mengurus kepulangan jenazah sang ayah.

 

Sungguh berat perjuangan anak-anak ini ke depannya. Tapi, syukurlah sang ibu seorang PNS. Karena itu, kepulangan jenazah ke Pontianak pun dipermudah oleh fasilitas pemerintah. Setelah pemberkatan malam ini, jenazah akan diberangkatkan besok pagi.

 

Saya berdoa, semoga jiwa bapak ini beristirahat dalam damai. Anak-anak dan istri yang ditinggalkan juga boleh tegar dan menerima kematian ini dengan penuh iman, harapan, dan kasih. Semoga dosa-dosa almarhum diampuni, sehingga pergi dalam keadaan bersih, seperti saat ia hadir di dunia ini. 

 

Saat diantar pulang, saya bertanya pada teman istri bapak ini. Katanya, sang istri tidak datang karena memang dia tidak terlalu mencintai sang suami. Lebih-lebih beberapa tahun terakhir.

 

Saya mengerti sekarang. Tapi, saya juga salut dengan teman-teman sang istri. Persahabatan mereka sudah lama, sejak SMA. Dan sampai sekarang masih terjalin kuat. Sampai-sampai masalah keluarga seperti ini pun mereka saling tahu. Mereka tahu keadaannya seperti ini, dan mereka tetap membantu, terutama membantu anak-anak sang teman ini.

 

Semoga meskipun suami sudah pergi, sang istri tetap bisa menjadi ibu yang baik bagi anak-anaknya. Salut untuk anak-anak. Yang meskipun orang tua ‘tidak bersatu’, mereka tetap berjuang sampai akhir untuk mencintai ayah mereka. (28/12/23)

Post a Comment

Powered by Blogger.