Halloween party ideas 2015

 MISIONARIS DARI KELUARGA PAGAN; 

Pw St Timotius dan Titus; 2Tim 1: 1-8; Luk 10: 1-9


 Kemarin kita merayakan Pesta Pertobatan St Paulus. Hari ini, kita memperingati 2 murid Paulus: Timotis dan Titus.

 

Seperti Paulus, kedua murid ini adalah orang beriman. Berasal dari keluarga pagan, tapi mereka menerima ajaran iman, dan akhirnya karena pewartaan Paulus, mereka bertobat. Pauluslah yang menjadikan mereka rekan kerjanya. Ia kiranya tahu bahwa ada begitu banyak pekerjaan dalam mewartakan Injil. Tak mungkin ia sendiri melakukan semuanya. Maka, diangkatlah dua kolaboratornya ini.

 

Pewartaan adalah pekerjaan bersama. Tidak pernah menjadi pekerjaan sendiri. Dalam bahasa kita orang Katolik, misi itu adalah milik Allah. Dan akan selalu dikerjakan oleh Gereja. Maka, perlu diingat bahwa misi itu bukan hanya milik kita, tapi pertama-tama milik Allah. Tapi, Allah tak mungkin mengerjakannya sendiri. Ia membutuhkan kita untuk berkolaborasi dengan-Nya.

 

Misi bukanlah pekerjaan sosial. Maka, jangan menjadikan misi identik dengan pekerjaan sosial. Memang, seperti pekerjaan jenis apa pun, misi juga mempunyai tantangannya sendiri. Lihatlah tantangan ekonomi dan budaya di Afrika. Atau budaya adat di Amerika Latin. Atau egoisme dan ateisme di Eropa.

 

Semua ini kadang menjadi tantangan besar. Di situlah, para pewarta hendaknya kembali kepada ajakan Yesus. Untuk fokus pada pekerjaan misi sebagai misi bersama Allah. Bukan misi pribadi. Dalam kebersamaan, Allah tak mungkin membiarkan pekerja-Nya bekerja sendiri. 

 

Di sinilah, kita dipanggil untuk pertama-tama melibatkan Allah dalam pekerjaan misi. Seperti Paulus, tak mungkin bisa menjadi pewarta tanpa kolaborasi dengan TImotius dan Titus. Umat Katolik terkenal karena ke-solidan-nya. Apakah kita mau bekerja bersama Allah lewat pribadi rekan-rekan kerja kita?

 

Post a Comment

Powered by Blogger.