Halloween party ideas 2015

gambar dari google www.merdeka.com
Banjir menjadi bahaya yang sering melanda warga Indonesia. Di berbagai daerah warga mengalami bencana ini. Menjadi aneh karena banjir terjadi bukan hanya dikota tetapi juga di daerah. Mengapa semua ini terjadi? 

Banjir menjadi tanda sekaligus rambu bahwa alam Indonesia sudah rusak parah. Kita mulai dengan banjir di Jakarta. Penyebabnya di sini banyak. Yang jelas terlihat adalah masalah sampah. Sampah menyumbat semua saluran air. Juga tanah yang dilapisi beton dan semen.

Selain itu banjir di Jakrta disebabkan oleh tidak adanya resapan air di daerah puncak. Air dari puncak mengalir tanpa meresap di tanah. Di puncak tanah resapan berkurang. Di mana-mana ada semen dan beton. Vila, penginapan, dan hotel dibangun di mana-mana.
Banjir bukan hanya di Jakarta. KOMPAS hari ini mewartakan banjir di beberapa kota.
Paling tidak di empat pulau. Jawa di Bojonegoro, Jawa Timur, Kalimantan di Jalan Trans-Kalimantan, Sumatera di Aceh dan Sulawesi di Makasar. Empat daerah ini berada di 4 dari 5 pulau besar di Indonesia.

Saya kira sudah cukup bukti untuk mengatakan alam Indonesia sudah rusak parah. Kita belum bicara soal alam di bawah laut. Tetapi di darat kita sudah lihat dengan mata kepala sendiri.

Tambang minyak bumi dan batu bara serta perusahaan kelapa sawit masih menyebar di mana-mana. Kita tidak terlalu berani mengatakan bahwa beberapa hal ini menajdi penyebab rusaknya alam. Tetapi dari hasilnya kita sudah melihat. Bekas daerah tambang menyisakan lobang menganga yang tak bisa digunakan lagi.

Jadi, tunggu bukti apa lagi untuk menanggulangi bahaya rusaknya alam Indonesia? Kita semua terpanggil untuk menjaga alam ini. Rasanya terlambat untuk melempar kesalahan kepada para pengusaha tambang dan kelapa sawit.

Yang mendesak sekarang ini adalah bagaimana kita menjaga alam kita. Yanggersang ditanami seuatu. Yang masih bisa ditanam kita tanam dengan berbagai jenis pohon. Yang longsor kita tanam dengan pohon penyangga. Yangtersumbat kita lancarkan. Mari bersatu menjaga alam Indonesia.

PA, 4/1/13
Gordi

Banjir: Tanda Rusaknya Alam Indonesia

Post a Comment

Powered by Blogger.