Halloween party ideas 2015

Bicara soal asap amat menarik. Asap yang muncul di Riau dan terbang ke Malaysia dan Singapura. Asap ini rupanya dikaitkan dengan isu lain yang berkait. Entah di mana keterkaitannya. Yang terkait kadang sulit dibuktikan. Itulah sebabnya di meja pengadilan sulit menemukan keterangan yang sah. Ada keterangan tetapi mudah diputarbalik menjadi bukan keterangan. Maksudnya, keterangan itu dianggap tidak sah.

Rupanya isu asap ini juga bisa dikaitkan dengan isu lain. Ada yang berkomentar, isu asap ini hanya bentuk pengalihan isu. Asap sengaja dikepulkan agar semua orang melihatnya. Bila perlu rakayt negeri ini menyaksikannya. Di televisi, di koran, di majalah, di kedai kopi, di pasar. Semuanya menyinggung topik isu asap. Asap itu memang membuat pembicaraan jadi menarik.

Seperti asap yang sifatnya membutakan mata manusia, asap ini juga bisa membutakan mata hati manusia. Rakyat terpana dengan isu asap sampai lupa bahwa mereka sedang dibuai. Mereka ingin melihat asap dan lupa akan kenaikan harga BBM yang baru saja diumumkan. Mereka tidak peduli. Seolah-olah kenaikan harga BBM itu wajar sehingga tidak perlu jadi bahan pembicaraan di kedai kopi.

Asap memang membuat segalanya jadi kabur. Dan, rakyat negeri ini tidak kuat lagi melawan kebijakan pemerintah. Rakyat seolah-olah menutup mata untuk kritis terhadap pemerintah. Suara hati jadi kabur. Rakyat seolah-olah pro dengan kebijakan pemerintah yang juga bisa menghasilkan kebijakan semu. Rakyat sama sekali tidak diuntungkan dengan kebijakan seperti ini.

Jika ini yang terjadi dengan isu asap ini, betapa asap ini mau mengaburkan perhatian rakyat negeri ini. Tetapi benarkah rakyat akan terbuai dengan pengalihan isu ini? Bukankah rakyat akan bisa melihat setelah matanya diserbu asap?

Pemerintah boleh mengalihkan perhatian rakyat ke isu ini. Jadi, isu asap ini hanyalah bentuk pengalihan isu. Tetapi, seperti asap sulit dipindahkan tanpa ada angin, kiranya cara pemerintah ini agak sulit. Tanpa angin maksud yang jelas, kebijakan pemerintah sulit diterima. Rakyat masih punya perhatian untuk kritis terhadap kebijakan pemerintah. Asap sebagai pengalihan isu kiranya tidak terlalu menjadi perhatian rakyat.

PA, 26/6/13
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.