Halloween party ideas 2015

Manusia Beda dengan Binatang tetapi Manusia juga sama dengan Binatang

Manusia kadang-kadang sombong. Menganggap dirinya lebih baik dari binatang. Manusia sering berdalih, dirinya punya akal budi. Dan binanatang tidak punya akal budi. Memang ini yang membedakan manusia dan binatang. Tetapi perbedaan ini kiranya bukan untuk merendahkan binatang. Binatang sama derajatnya dengan manusia dalam hal sebagai sesama makhluk yang diciptakan.

Manusia kadang-kadang tidak mau tahu. Manusia merendahkan binatang. Padahal sesungguhnya manusia juga tidak bisa menghina binatang di depan mukanya. Komunikasilah yang menghambat manusia menghina binatang. Binatang pun sebenarnya tidak tahu kalau manusia menghinanya. Hanya saja binatang bisa mengerti bagaimana ia dihina oleh manusia. Binatang yang sudah terlatih tidak akan jatuh dalam jurang meski manusia mengarahkannya ke jurang.
Manusia mudah sekali mengadili sesama manusia dengan menyebut binatang. Sering terdengar ucapan anjing loe, babi loe. Ucapan yang mesti dihilangkan. Binatang bukan untuk direndahkan. Binatang kiranya seperti nama manusia bukan untuk disebut-sebut tetapi untuk disebut.
Saya terpaku melihat aksi beruang di kebun binatang tadi. Beruang itu bisa memutar bola basket. Bisa memasukkannya ke ranjang. Beruang juga bisa bergoyang seperti manusia. Beruang ini bisa menyapa manusia. Bisa bertepuk tangan.

Beruang bisa seperti ini karena dilatih. Jadi, sebetulnya binatang, sebagaimana beruang ini, bisa cerdas seperti manusia. Asal dilatih terus menerus. Tentu tidak secerdas manusia tetapi minimal bisa membuat manusia terhibur.

Jadi, kalau manusia merendahkan binatang, dengan menyebut binatang pada sesama manusia, manusia sudah sombong. Manusia memang sombong. Tetapi baik kalau jangan menyombongkan diri dengan merendahkan binatang. Binatang juga perlu dilindungi, perlu dijaga keberadaannya di bumi. Binatang dan manusia sama dalam hal ciptaan. Sama-sama diciptakan untuk hidup di bumi ini.

Betapa sombongnya manusia jika menghina binatang. Lebih sombong lagi jika menyebut sesamnya sebagai binatang. Manusia dan binatang memang beda. Dan tidak perlu disamakan. Kalau manusia menyamakan dirinya dengan binatang, itu bukan hal yang wajar lagi. Manusia dan binatang tetap beda. Perbedaan ini sudah menjadi ciri khasnya. Tetapi perbedaan ini tidak membuat manusia lebih tinggi sebagai ciptaan. Dalam cerita kuno memang disebut manusia adalah makhluk termulia di antara ciptaan. Tetapi ini tidak berarti manusia boleh sombong di depan binatang. Apalagi boleh menghina sesamanya sebagai binatang.

Obrolan sore setelah melihat kebun binatang. Salam selamat menghargai binatang.

PA, 6/6/13
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.