Halloween party ideas 2015

Warna kesukaanmu apa? Begitu pertanyaan teman saya beberapa waktu lalu. Pertanyaan semacam ini sering saya dengar. Saya pun menjawab ala kadarnya. Bukan karena tidak mau menjawab. Saya menghormati teman yang bertanya ini. Tentu dia punya maksud di balik bertanya. Atau tentu saja ada juga yang bertanya ala kadarnya saja alias iseng. 

Saya menjawab sekenanya saja karena saya tidak pernah memilih warna yang paling saya suka. Bagi saya semua warna itu sama saja. Tentu menjadi indah ketika ditempatkan pada situasi yang cocok. Kalau saya sedang melihat bendera Indonesia, saya suka warna Merah yang dipadan dengan Putih. Demikian ketika naik gunung bulan Agustus kemarin. Saya lihat banyak sekali dua warna ini ditempelkan pada batu atau pohon. Hanya saja posisinya terbalik seperti benderanya Polandia. Rupanya bendera ini jadi penanda jalur pendakian yang berlaku di seluruh Eropa. Saya dapat jawaban ini dari seorang Italia yang suka naik gunung. 

Kalau saya sedang memandang ke langit atau menatap indahnya lautan, saya suka warna biru. Mataku menatap berjam-jam melihat birunya langit dan laut. Demikian ketika melihat pelangi yang warnanya macam-macam. Rupanya jadi indah. Keindahan yang tiada tara. Seperti indahnya pulau-pulau di Indonesia yang diminikan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. 

Keindahan seperti inilah yang saya hidupi sejak masa kecil. Karena saya hidup di gunung, warna dominan yang saya lihat adalah warna hijau. Tanpa mengurangi warna langit-biru. Hijau bagi saya adalah tanda kesuburan. Kesuburan yang menjadi impian kami, para petani. Tanah subur adalah idaman. Di baliknya, ada hasil panen. Entah padi, kopi, cengkeh, fanili, cokelat, pohon Jati, Mahoni, Ampupu, Sengon, dan sebagainya. 

Di balik kesuburan juga tersimpan rerimbunan pohon. Rerimbunan yang mungkin sederhana tetapi dari sudut pandang seni, rerimbunan itu jadi indah. Rerimbunan yang juga jadi sarang burung, tempat berteduhnya manusia. Di balik kesuburan, juga tersimpan rerumput hijau. Rumput yang jadi tempat terbaik untuk bermain sepak bola bagi kami anak desa. Rumput yang juga jadi makanan ternak kami. Kuda, Kerbau, Sapi, Kambing, dan sebagainya. 

Hijau bagi kami adalah warna rejeki. Belum senang rasanya kalau belum muncul kehijauan. Sebaliknya, kalau hijau muncul, perasaan langsung bergembira ria. Bukan saja bergembira tetapi mata kami juga seolah-olah tak berkedip melihat indahnya alam. Melihat bunga mekar, dedaunan hijau kala musim hujan mulai. Kami bahagia dengan warna hijau. 

Warna hijau juga menjadi warna harapan. Harapan akan hasil panen padi. Harapan ini sudah kami tanamkan sejak kami menanam padi. Berlanjut ketika kami melihat padi itu bertumbuh subur nan hijau saat berumur 1,5-2 bulan. Maka, di balik hijau tersimpan harapan besar. Kalau panen padi berhasil betapa kebahagiaan kami bertambah. Maka, hijau itu sungguh besar artinya bagi kami. 
Kalau ada lagi yang bertanya, apa warna kesukaan saya, saya akan menjawab untuk saat ini, saya memilih warna hijau. Tentu warna hijau menjadi lebih indah juga ketika dipadukan dengan warna lainnya. 
Jadi, apa warna kesukaanmu???

Parma, 31/8/2015

Post a Comment

Powered by Blogger.