Halloween party ideas 2015




Mana lebih aman, jadi rakyat atau wakil rakyat? Andai boleh memilih, banyak yang akan menjadi wakil rakyat. Tetapi tentu tidak semua rakyat bisa jadi wakil rakyat. Hanya orang tertentu saja. Yang sesuai kriteria partai.

Jadi wakil rakyat memang jadi dambaan politikus. Bisa duduk di ruang yang nyaman. Gaji terjamin. Hidup terjamin. Fasilitas kerja terjamin. Sering rapat. Sering jalan-jalan. Kadang-kadang pusing membuat draf undang-undang. Tapi ada enaknya ketika mereka duduk akan dibayar. Uang duduk istilahnya. Uang lelah juga uang keringat. Dan istilah lainnya. Intinya ada uang.

Kalau jadi rakyat?
Enaknya bukan main. Tak pelru pikir politik, karut marut partai, rapat bulanan/tahunan/fraksi, dan sebagainya. Kelompok yang paling nyaman hidupnya di sebuah negara adalah rakyat kecil.

Tapi????
Ada tapimya juga. Kalau harga brang naik, listrik naik, uang sekolah naik, uang kuliah naik, rakyat kecil yang paling sibuk. Sekali saja pemerintah dan penguasa menaikkan harga barang, yang paling kena getahnya adalah rakyat kecil. Jadi, rakyat kecil itu aman-aman tapi sibuk juga.

Jadi???
Pilih mana, rakyat atau wakil rakyat? Keduanya punya risiko. Ciri khas rakyat kecil adalah jarang jadi pelaku korupsi. Kecuali jadi korban hukum. Sedangkan ciri khas wakil rakyat adalah rentan terhadap kasus korupsi. Jarang jadi korban hukum. Jadi silakan pilih mana yang sesuai selera kalian. Tapi kalau hidup pas-pasan jangan jadi wakil rakyat. Partai enggan melirik Anda. Kalau punya duit banyak daftar saja jadi calon wakil rakyat.

PA, 22/2/13

Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.