Halloween party ideas 2015


Ada satu jalan yang menjembatani masa kecil dan masa dewasa. Jalan itu mempengaruhi kehidupan seseorang di masa dewasa. Jalan itu adalah pendidikan.

Dengan pendidikan seorang anak pelan-pelan akan memahami perkembangan hidupnya. Dia mempelajari makhluk lain di sekitar kehidupannya. Juga kehidupannya sendiri dari kecil hingga dewasa bahkan jika kelak dia tua nanti. Oleh karena itu, pendidikan ini menjadi sesuatu yang mutlak sifatnya.

Kita pun berangan-angan agar kita melewati pendidikan itu. Dan memang angan-angan kita itu jadi nyata. Bukan angan belaka, kita mengenyam pendidikan. Hanya saja pendidikan yang kita terima tidak sepenuhnya kita nikmati. Ada saat di mana kita merasa dijauhkan dari dunia pendidikan.

Itulah yang dialami siswa yang harus berputus asa karena gagal ujian. Harapannya memang tidak perlu putus asa. Tetapi, kadang-kadang manusia merasa kecil di hadapan perasaannya. Dia kalah dengan rasa putus asa itu.

Jalan itu memang tidak mudah dilalui. Hanya mereka yang kuat dan mau belajar yang melewati jalan itu. Selain itu, jalan itu hanya bisa dilalui jika kita ingin bersaing. Persaingan yang ketat. Persaingan yang kadang-kadang diciptakan oleh pejabat pendidikan. Yang tidak kuat bersaing akan kalah. Memang kita bisa menuntut. Sayang tuntutan kita dirasa kecil di hadapan argumen sang pengambil kebijakan.

Para pendiri negeri ini berharap dan bercita-cita agar penduduknya bisa melalui jalan pendidikan. Sayang, para penerus mereka tidak memikirkan hal ini. Mereka berpikir jalan ini hanya bisa dilalui oleh orang-orang tertentu. Jadinya, tidak semua penduduk bisa mengenyam pendidikan. Cita-cita luhur pendiri bangsa lenyap tak berbekas.

Di hari pendidikan nasional ini, kita berharap agar pejabat pendidikan kembali kepada cita-cita awal dunia pendidikan. Pendidikan untuk semua. Bukan untuk kelompok khusus. Andai pun ada yang dikhususkan mesti ada wadah lain yang bisa menampung kelompok lainnya. Bukan peserta didiknya yang dikorbankan. Pendidikan itu mutlak untuk semua penduduk.

PA, 2/5/13
Gordi




Post a Comment

Powered by Blogger.