Halloween party ideas 2015

 BERSAUDARA TAPI TIDAK SEDARAH; Selasa PEKAN BIASA III; 2Sam 6: 12-15,17-19; Mrk 3: 31-35

 

Maria adalah Ibu Yesus, tapi mengapa Maria dan saudara-saudara Yesus tidak tinggal di dalam ruangan bersama Yesus? Malah yang di dalam adalah orang lain.

 

Memang Maria adalah Ibu Yesus, tapi Injil hari ini mau menunjukkan siapa sebenarnya Ibu Yesus dan saudara-saudara Yesus. Injil beberapa hari lalu juga berbicara tentang keluarga Yesus. Saat itu, keluarga Yesus menganggap Yesus sebagai orang gila. Memang, Yesus melayani orang banyak sampai tidak ada waktu untuk makan. Tapi, Yesus tidak gila, ia hanya tidak makan. Ia tahu betul, tugasnya adalah melayani.

 

Melayani adalah wujud dari mendengarkan Sabda Allah dan melaksanakannya dalam praktik nyata. Itulah yang mau ditunjukkan Yesus dalam kisah itu. Maka, siapa saja yang melayani karena melaksanakan Sabda Allah, itulah sebenarnya yang disebut Ibu dan saudara-saudara Yesus.

 

Apakah kita juga termasuk saudara/i Yesus? Kadang kita mendengarkan Sabda Tuhan, tapi tidak mau melaksanakan-Nya. Meski demikian, kita tetap bangga menganggap diri sebagai saudara/i Yesus. Semoga dengan Injil hari ini, kita disadarkan kembali akan identitas kita sebagai pengikut Kristus.


Maria adalah Ibu Yesus, bukan pertama-tama karena ia dipakai Allah untuk menjadi Ibu Yesus. Tapi, karena Maria sejak awal karya Allah itu menerima tawaran Allah. Meski belum begitu paham, Maria menyimpan semuanya dalam hati, dan mengikuti rencana Allah. Jadi, pertama-tama bukan karena relasi sedarah, tapi relasi dalam melaksanakan kehendak Allah.

 

Daud kiranya juga adalah orang yang melaksanakan kehendak Allah. Dengan gembira, ia berpesta memindahkan Tabut sebagai lambang kehadiran Allah. Seperti Maria membawa bayi Yesus, demikianlah Tabut itu membawa harapan orang banyak akan kehadiran Allah di tengah umat-Nya.

 

Yesus adalah orang Israel dan kita bukan orang Israel, tapi karena melaksanakan Sabda Allah, kita pun akhirnya bersaudara. (Rm Gordi SX)

 


Post a Comment

Powered by Blogger.