Halloween party ideas 2015



Pohon Sesawi mungkin tidak terkenal di Indonesia. Atau hanya dikenal oleh kalangan tertentu saja. Pohon ini memang bukan pohon yang tumbuh di Indonesia. Kalau pun tumbuh, mungkin hanya di daerah tertentu saja. Pohon ini beberapa kali disebut dalam Kitab Suci orang Kristiani (Katolik dan Protestan). Boleh jadi orang Kristiani tidak asing mendengar kata ‘Sesawi’. Namun, belum tentu orang Kristiani pernah melihat pohonnya. Sebagian pasti sudah melihatnya.

Buku POHON-POHON SESAWI karangan Romo Mangun tidak membahas perihal pohon Sesawi. Buku ini adalah sebuah novel yang menceritakan pergulatan Romo Mangun sebagai manusia-rohaniwan. Di dalamnya berisi kisah hidup sejak ia kecil. Saat menjadi tentara, menjadi pastor, dan kisah hidup lainnya. 

Novel ini berisi kumpulan naskah yang tercecer sana-sini oleh Joko Pinurbo dan Th Kushardini. Keduanya pernah bekerja dengan Rm Mangun. Dalam penyusunannya, mereka mengalami kewalahan. Sebagian naskah tidak jelas hurufnya. Mereka memoles sana-sini dengan kata-kata rekaan untuk melengkapi naskah itu. Inilah novel terakhir yang ditulis oleh Romo Mangun.

Novel ini bisa dibaca oleh siapa saja terutama penggemar sastra. Alur ceritanya menarik. Dengan membaca ini, pembaca seolah-olah mengembara ke segala arah. Sebab, gaya bahasa Romo Mangun amat khas. Banyak informasi lain yang terkait dengan penuturan ceritanya. Dari sini bisa disimpulkan bahwa Romo Mangun kaya akan pengetahuan di berbagai bidang.

Selamat membaca novel ini.

Judul Buku: POHON-POHON SESAWI
Penulis: Y.B. MAngunwijaya
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Tahun terbit: 1999
Kota Terbit: Jakarta
Jumlah halaman: 118

PA, Maret 2013
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.