Halloween party ideas 2015


Sumber gambar: google

Setelah segala sesuatunya disiapkan, kita siap berjalan. Ibarat pergi ke tempat wisata, kita sudah membeli peta dan melihatnya halaman demi halaman. Kita sekarang akan menuju lokasi itu.

Pada bagian kelima ini kita akan membahas tentang cara membaca buku skripsi. Untuk mencapai lokasi wisata kita mesti menyusuri jalan-jalan yang telah ditunjukkan. Kita sudah memiliki buku petunjuk membuat skripsi, sekarang kita akan menyusuri seluruh isi buku dengan membacanya.

Cara membaca buku skrpsi yang biasa adalah membaca seluruh isi buku. Cara seperti ini memberi gambaran umum tentang isi buku. Gambaran ini amat penting untuk menemukan batasan-batasan permasalahan yang dibahas dalam buku. Jangan terlalu detail pada saat membaca seperti ini. Perhatikan kalimat pertama dan terakhir setiap alinea. Dengan cara itu, kita menangkap gagasan yang ada di setiap alinea.

Jika buku itu berbahasa asing, jangan sesekali membuka kamus untuk mencari artiya. Biarkan segalanya berlalu begitu saja. Ini untuk menghindari gangguan konsentrasi pada saat membaca.

Sebelum membaca secara keseluruhan, alangkah baiknya kita membaca bagian pengantar/pendahuluan dan penutup dari buku tersebut. Biasanya bagian ini mendapat perhatan besar dari penulis buku. Oleh karena itu, kita mesti memperhatikan kedua bagian ini. Ibarat sebuah kue yang enak, di sinilah rahasia bumbu-bumbunya. Penulis biasanya menyinggung batasan dan inti bukunya.

Membaca secara keseluruhan bisa dilakukan 2-3 kali. Minimal 2 kali. Cara ini paling efektif untuk menemukan gambaran umum tentang isi buku. Tidak cukup kiranya kalau hanya sekali. Apalagi membaca pada tahap ini tidak dihalangi oleh kata-kata atau ide yang sulit. Prinspipnya membaca seperti membaca novel.

Setelah semua isi buku dibaca, cara membaca berikutnya adalah membaca per bab. Seperti biasa, baca lebih dulu bagian pengantar dan penutup dalam bab tersebut untuk memudahkan menemukan batasan masalahnya. Perhatikan inti setiap alinea. Bila perlu, siapkan kertas dan balpoin untuk mencatat ide utama tiap alinea. Rumuskan ide itu dalam satu kalimat. Perhatikan kesinambungan ide antara alinea.

Setelah semua alinea dirumuskan dalam satu kalimat, coba lihat kesinambungan antara alinea. Rumuskan kesinambungan itu dalam beberapa kalimat. Klimat itulah yang kemudian akan dikembangkan dalam paragraf demi paragraf.

Membaca yang efektif biasanya pada pagi dan malam hari. Gunakan waktu belajar pagi dan malam hari untuk membaca. Pada siang dan sore hari, kita bisa melihat ulang inti dari setiap bagian yang sudah kita baca. Kalau boleh, pada saat ini kita juga membuat catatan kecil yang memudahkan kita untuk mengingat inti setiap paragraf. Saya kira cukup sekian untuk bagian ini.

Bagian berikutnya, kita akan melihat bagaimana membuat kerangka penulisan skripsi. Salam, 5/4/2012 Gordi Afri.***

Menulis Skripsi (4)

Post a Comment

Powered by Blogger.