Halloween party ideas 2015

foto dari mycamerajournal.wordpress.com

Gambar kamu gak ada yah....

Demikian komentar seorang teman saat melihat album foto di facebook saya. Di situ ada puluhan foto. Foto-foto itu saya potret. Hasil potret itulah yang saya jadikan beberapa album. Di salah satu album sama sekali tidak ada gambar/foto saya. Benar saja pertanyaan teman saya ini. Rupanya dia jeli sekali memeriksa gambar itu satu per satu. 

Memang beginilah situasinya jika menjadi fotografer. Dulu di Jakarta saya mengagumi fotografer karena karya mereka. Sekarang saya menajdi fotografer amatir. Kini saya tahu satu hal unik sang fotografer adalah kurangnya publikasi gambar dirinya. Wong dia yang ambil foto?

Lihat saja fotografer-jurnalis. Jarang muncul gambar muka mereka di koran. Tetapi karya mereka selalu emngagumi pembaca.

Fotografer itu mirip Yohanes Pembaptis. Dia ini membiarkan Yesus semakin besar dan dia semakin kecil. Fotografer membiarkan karya mereka muncul dan menjauhkan potret diri mereka. Foto karya mereka dikagumi orang padahal dirinya belum tentu kagum pada fotografer. Tetapi yahhh beginilah prinsip kerja sang fotografer.

PA, 1/11/12
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.