Halloween party ideas 2015


foto dari tempo.co
Tenaga kerja negeri ini banyak membantu orang luar negeri. Tanpa mereka roda perekonomian luar negeri tidak berjalan baik. Inilah sebabnya TKI kita memberi sumbangan besar. Sumbangan itu juga muncul di negeri ini. Uang yang mereka kirimkan jumlahnya besar.

Negeri ini memang kaya tenaga manusia. Jangan heran jika yang lain dikirim keluar negeri. Kaya tenaga tidak sama dengan kaya pekerjaan. Sebab, mereka keluar negeri untuk bekerja. Bekerja demi sesuap nasi. Uang yang mereka peroleh bisa digunakan untuk menghidupi keluarga di sini.

Amat sayang ketika ada berita TKI kita membunuh orang. Majikan, keluarga majikan, dan sebagainya. Tentu ini tidak sesuai dengan tujuan utama. Mereka pergi untuk mendapat uang. Caranya dengan bekerja. Bukan pergi untuk membunuh. Pasukan TNI keluar negeri saja bukan untuk membunuh tetapi membantu mengamankan daerah konflik.

Tetapi mengapa TKI kita sampai membunuh orang? Tidakkah mereka tahu bahwa membunuh itu mencelakakan mereka? Mereka dihukum dengan hukuman berat bahkan sampai mati?

Penyebabnya mesti ditelisik. Ada yang dendam, stres, tidak mau diperlakukan tidak manusiawi, beban terlalu berat, dan sebagainya. Mereka bereaksi demikain karena sudah berat sekali bebannya. Mereka tentu beda dengan TKI lainnya yang lemah tak berdaya sampai diperkosa dan dilecehkan. Ini yang paling disayangkan dari saudari/a kita. Mereka kadang-kadang diperlakukan tidak adil tetapi mereka juga kadang-kadang memperlakukan dengan tidak adil.

Tentu latar belakangnya mesti dicari. Kasus semacam ini sebaiknya menjadi evaluasi bagi pihak penanggung jawab. Masyarakat kita kadang-kadang gampang ditipu. Calo berkeliaran di kampung-kampung. Iming-iming gaji tinggi terus digemborkan. Siapa tidak tergoda?

Bayarannya mahal. Nyawa pun jadi taruhan.

Hai..pemangku jabatan lindungilah rakyatmu. Mereka disanjung tetapi sekaligus dijatuhkan. Di mana matamu ketika sebagian rakyat negeri ini diperkosa oleh orang asing? Di mana perhatianmu ketika sebagaian warga kita dihukum gantung pihak asing? Masihkah engkau berdalih biarkan hukum bekerja dan pihak terkait menyelesaikannya?

PA, 14/12/12
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.