Halloween party ideas 2015

foto oleh Marloes
Menilai tulisan sendiri. Kadang orang berkomentar itu tidak baik. Mengapa? Karena yang berhak menilai adalah orang lain. Oleh karena itu lebih baik menilai tulisan orang lain saja. Lalu apakah salah kalau saya menilai tulisan saya?

Semula saya berpikir demikian. Biarlah orang lain yang menilai tulisan saya. Saya tidak perlu pusing. Tugas saya hanya menulis, membuat tulisan. Selesai. Yang memberi nilai adalah pembaca. Oleh karena itu, saya tidak memberi nilai pada tulisan saya. Entah menarik, aktual, inspirasi, bermanfaat.

Namun, saya berpikir ulang. Saya kira tidak salah menilai tulisan sendiri. Memberi nilai pada tulisan sendiri. Dari sini boleh menjadi semacam contoh, bagaimana menilai tulisan orang lain. Jika tulisan sendiri bisa dinilai maka tulisan orang lain juga akan mudah dinilai.

Sampai sekarang saya memberi nilai pada tulisan sendiri setelah orang lain memberi nilai. Jadi saya sebagai pembuat tulisan tidak menjadi orang pertama dalam memberi nilai. Saya masih taat pada peraturan saya sendiri, biarlah orang lain yang menilai tulisan saya. Saya boleh menilai setelah ada teman yang menilai.

Jadi, tidak salah memberi nilai pada tulisan sendiri.

PA, 17/9/2012
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.