Halloween party ideas 2015

Kata orang pengalaman adalah guru berharga. Latihan adalah guru terbaik.

foto oleh Elang Prince
Kita mesti menulis supaya bisa menulis dengan baik dan menjadi penulis yang baik. Salah satu cara ampuh adalah sering-seringlah menulis. Hasil karya terbaik tidak jatuh dari langit, demikian komentar teman-teman. Karya terbaik adalah usaha sendiri….seperti petani yang bisa menghasilkan sekian ton padi dalam setahun dari hasil keringatnya sendiri.

Memang demikianlah adanya kehidupan ini. Seorang menjadi ahli karena sering bergelut di bidangnya. Yakinlah akan tips ini. Meski ada yang mengatakan tidak pernah melatih tetapi berhasil. Tentu saja bisa. Dan mungkin itu adalah kebetulan. Sebab, keseringan menjadi terbiasa dan terbiasa menjadi mahir.

Kalau sering menulis kita akan menjadi penulis buku. Banyak-banyaklah menulis maka ada banyak buku yang dihasilkan nantinya. Beberapa hari belakangan ada kompasioners yang memamerkan hasil karya mereka dalam bentuk buku. Buku itu adalah hasil kumpulan tulisan mereka di kompasiana. Pameran itu bukan sekadar pamer tetapi mau menyemangati kompasioners lain untuk menulis.

Motivasi dari teman dan sahabat itu penting. Kalau mereka bisa menulis mengapa saya tidak. Kalau mereka sering menulis mengapa saya tidak. Sering-seringlah menulis maka otak akan selalu segar, jalan pikiran jadi lurus, logika semakin terarah.

Keseringan membuahkan hasil terbaik. Ala bisa karena biasa meski ada juga ala biasa karena bisa juga….

Pandega Asih-Yogyakarta, 15/7/2012
Gordi Afri


Post a Comment

Powered by Blogger.