Halloween party ideas 2015

foto ilustrasi oleh feiranauzder
Selasa, 24 Oktober 2011. Jalan Dewi Sartika, Bogor, hampir digenangi air hujan. Hujan sore itu cukup deras. Saya bersama beberapa teman kebetulan tidak sengaja lewat di jalan ini.
Pemandangan memilukan. Jalan ini dijadikan pasar. Tempat jual beli. Jualan yang dominan adalah kebutuhan rumah tangga. Sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Sore itu, sekitar pukul 4. Sayur dan buah-buahan itu terlihat segar. Boleh jadi karena kena air hujan sehingga tidak layu dan kering. Sebagian masih tergeletak di atas aspal. Sebagian lagi, ada di atas tenda.

Para pemiliknya terlihat huru-hara. Antara menyelamatkan diri dari air hujan atau menyelamatkan jualannya dari arus air. Kalau mau lebih berharga, boleh jadi mereka menyelamatkan diri dulu. Kena air hujan berarti siap sakit. Sakit berarti membutuhkan obat. Ini pengeluaran yang cukup besar.

Sebaliknya, menyelamatkan jualan berarti siap diguyur hujan dan basah. Kalau jualan dibawa air, apalagi yang diharapkan? Jualan itu menjadi sumber pemasukan mereka. Mereka menjual untuk mencari nafkah. Pertanyaannya adalah mengapa mereka mencari nafkah di tempat ini? Ini kan jalan dan bukan pasar. Siapa yang memperhatikan mereka?

Indonesia identik dengan kesemrawutan. Jakarta sebagai ibu kota negara saja sudah semrawut lalu lintas dan pemukimannya. Kesemrawutan ini rupanya menjalar ke luar kota. Pemandangan di jalanan di Bogor ini menjadi cerminan kesemrawutan itu. Kalau ada bangunan pasar yang layak, para penjual ini bisa menikmati teduhan yang layak saat hujan seperti ini. dan, lalu lintas menjadi lancar. Mereka tak perlu lagi menjual di jalan.

Boleh jadi ada bangunan pasar. Sebab, hampir di tiap kota di Indonesia mempunyai pasar daerah. Bisa jadi kejadian sore ini mencerminkan membeludaknya penjual di pasar resmi. Kalau demikian, animo masyarakat menjadi penjual tinggi. Bisa jadi profesi itu saja yang berhasil mereka raih. Namun, tak mudah membuat rekaan seperti ini. Bisa jadi masalahnya kompleks. Kadang-kadang keinginan untuk cepat laku membuat penjual mencari jalan pintas. Apakah menjual di jalan merupakan jalan pintas?

Bisa jadi di jalan ada banyak pembeli sehingga cepat laku. Namun, cara yang menguntungkan penjual ini merugikan pengguna jalan.

@@@@@

Kondisi serupa juga terjadi malam hari. Jalan Surya Kencana, pukul 10 malam. Sebagian jalan digunakan oleh penjual sayur-sayuran. Jualan ini tidak untuk dijual malam ini. Meskipun ada juga yang melakukan transaksi jual-beli kecil-kecilan. Sebagian jualan itu masih terbungkus rapi dalam karung. Hanya sebagian kecil yang sudah dibuka dan digelar di atas aspal. Pemiliknya berselimutkan kain tebal duduk di samping jualannya. Malam ini, Bogor memang amat dingin.

Boleh jadi, jualan ini baru dijual esok pagi. Sayuran segar biasanya didapatkan ketika pagi-pagi ke pasar. Lebih segar lagi, kalau sayur itu baru saja diambil dari semaiannya pagi itu juga. Namun, di Bogor rupanya agak sulit. Sebab, lahan sayur ada di kawasan puncak. Bisa jadi, sayur-sayur yang diletakkan di jalan ini baru saja didatangkan dari kawasan puncak. Di manakah mereka menjual sayur-sayur itu?

Boleh jadi, sayur itu dijual di jalan ini juga. Penjualnya tak mau repot memindahkan lagi jualannya yang cukup banyak. Kalau saja ada tempat yang aman, mengapa para penjual ini menurunkan jualannya di jalan seperti ini? Mereka memang kelihatan nekat. Menjual di jalan. Namun, terlalu dini untuk menilai kenekatan ini semata-mata salah mereka. Bisa jadi, di sini saja mereka dapat menjual dagannganya dengan laris. Posisinya strategis untuk pembeli. Pengguna jalan bisa langsung membeli dari mobil. Jalan itu memang tidak ditutup semuanya. Sebagian masih bisa digunakan untuk mobil searah. Sebagiannya untuk pasar. Namun, tetap saja kondisi ini merugikan pengguna jalan. Beginilah nasib jalan dan kondisi pasar di kota hujan.

Cempaka Putih, 11/11/2011
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.