Halloween party ideas 2015

foto oleh ppinantes2
Pada sebuah pertemuan akbar, seorang penyapu jalan bertemu seorang pegawai kantor. Mereka berbagi pengalaman pada pesta akbar yang dihadiri ratusan orang ini. Pertemuan ini digagas untuk mempertemukan para penyapu jalan dan atasan mereka, dinas kebersihan. Pegawai kantor ini adalah seorang yang ramah dan baik hati. Ia suka bergaul dengan rekan-rekannya di kantor. Ia selalu hadir lebih dulu ketimbang teman-teman pegawainya. Dia memang bukan pemimpin di kantor itu. Dia hanya seorang pegawai biasa. Di atasnya masih ada beberapa pemimpin. Mulailah mereka berbincang.

“Pekerjaan kamu apa?” tanya sang pegawai.

Pegawai ini kelihatan aneh. Masa dia tidak bisa membedakan pegawai kebersihan dan penyapu jalan. Semestinya dia tahu mana yang pegawai dan mana yang bukan. Namun, agak sulit membedakannya. Peserta pesta amat banyak. Lagi pula, semuanya mengenakan seragam batik.

“Saya tidak punya pekerjaan. Saya hanya petugas penyapu jalan,” jawab sang penyapu jalan.

Dia menjawab apa adanya, tanpa malu, dengan pegawai kantor yang ramah ini. Dia tahu, yang berhadapan dengannya sekarang adalah pegawai kantor. Dari wangi parfumnya, dia tahu, ini pegawai.

“Bapak pegawai kantor, bukan?” sambungnya lagi.

“Ya, saya pegawai kantor. Pekerjaan kita berbeda, namun kita semua mendapat gaji.”

“Betul pak, saya senang mendapat gaji. Angkanya kecil, namun saya bahagia. Dengan gaji itu, saya bisa menghidupi istri dan anak-anak saya.”

“Saya mendapat banyak gaji, tetapi saya tidak terlalu bangga dengan gaji itu. Saya kesal karena teman-teman datang kemudian dari saya. Saya mengimpikan agar kami datang lebih awal, sebelum jam kantor mulai.”

“Saya bahagia, bisa bangun pagi dan membersihkan jalanan. Sebelum anak sekolah dan orang tua yang mengantar mereka menggunakan jalan, kami sudah membersihkannya. Sebelum tengah hari, kami sudah kembali ke rumah. Alhamdulilaah, kami selalu mendapat rezeki secukupnya selama puluhan tahun pekerjaanku sebagai penyapu jalan.”

Kisah ini hanyalah fiktif. Kalau ada yang tersinggung mohon maaf, saya tidak bermaksud menyinggung perasaan pembaca. Dari kisah sederhana ini, kiranya kita tahu. Kebahagiaan seorang tidak ditentukan oleh banyaknya uang yang diperoleh. Kebahagiaan seseorang tidak pula ditentukan oleh status/kedudukan sosial. Kebahagiaan sesorang ditentukan oleh kesuksesannya dalam bekerja. Bagimana dia menjalankan pekerjaannya, itulah yang menentukan kebahagiaannya. Singkatnya kebahagiaan itu muncul dari dalam. Bukan dari luar. Semoga terinspirasi.

CPR, 21/12/2011
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.