Halloween party ideas 2015

foto ilustrasi oleh andi rahmat
Pernahkah Anda membuat penilaian terhadap teman kerja? Bagaimana Anda menilainya?

Menilai teman kerja amat gampang. Sekadar menilai tentu saja lebih gampang. Coba beri penilaian saat kita merasa senang dengannya. Hasilnya pasti baik-baik saja. Sebaliknya, beri penilaian saat kita kecewa dan jengkel dengan dia. Hasilnya pasti buruk semua.

Menilai rekan kerja atau teman sejawat sebenarnya bertujuan untuk membantu dia bertumbuh dan berkembang. Menilai beda dengan mencari kelemahan rekan kita.

Mencari kelemahan amat gampang karena semua manusia punya.

Menilai untuk membiarkan dia berkembang tentu tidak mudah. Kadang-kadang rasa dendam dan iri hati ikut berpengaruh. Kalau demikian, bagaimana sebaiknya kita menilai rekan kita?

Salah satu tipsnya adalah pandanglah dia sebagai saudara kita. Dengan kaca mata saudara, kita membantu dia untuk bertumbuh dalam persaudaraan. Siapa yang tidak mau bekerja dalam suasana persaudaraan?

Bantulah saudara kita menemukan kekurangannya. Yang kurang itu mesti disingkirkan sehingga dia bisa berkembang/bertumbuh sesuai yang diharapkan. Biarlah kariernya berkembang dan kepribadiannya semakin baik.

Berikan juga semangat padanya agar ia mengembangkan hal positif yang ada padanya. Yang positif mesti bertambah sehingga berguna bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Dengan menilai seperti ini, kita memandang rekan kita sebagai saudara dan bukan pesaing. Suasana kerja menjadi tidak sehat jika ada persaingan.

Demikian juga dalam hidup bersama. Kalau ada persaingan, rasa-rasanya suasana kehidupan kita kurang sehat. Boleh jadi kita juga bertumbuh dalam kesakitan. Ini yang mesti dihindari.

Salam penilaian……

PA, 20/12/12
Gordi

*Pernah dimuat di blog kompasiana apda 20/12/12

Post a Comment

Powered by Blogger.